Berpulangnya Mar'ie Muhammad Sosok Bung Hatta II Indonesia

forumriau.com 11.12.16
forumriau.com
Minggu, 11 Desember 2016
Kepergian Mar'ie Muhammad menyisakan duka yang harus diterima bangsa Indonesia. Sejak munculnya tokoh ini di kabinet Orde Baru, ia seakan mewakili sang proklamator Muhammad Hatta, wakil Presiden pertama Indonesia.

Perjuangan Mar'ie lebih pada bertahan dalam kepungan kehidupan kabinet Orde Baru yang penuh dengan relasi-isme. Ia mampu bertahan menjalankan jabatannya tanpa distorsi di tengah lumrahnya praktek pesanan dan rekan-rekan pemerintahan. Ia meninggalkan gelar Mr.Clean (Bersih) atas prinsipnya tersebut.

Marie pernah bekerja di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI pada 1969 hingga 1972. Pada Tahun 1972 hingga 1988 dia bekerja di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur.

Tahun 1988-1993 mengabdi di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen). Pada tahun 1993-1998 sebagai Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI.

Tahun 2001-2004 sebagai Ketua Oversight Committee (OC) BPPN. Tahun 1999-2009, dia menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI). Saat ini dia menjabat Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia.

Kerinduan rakyat terhadap sosok Bung Hatta terobati sejak hadirnya Mar'ie Muhammad, kini berakhir sudah. Hingga ajal menjemput, Minggu 11 Desember 2016 ini, Mar'ie Muhammad telah meninggalkan sejarah bagi anak bangsa sebagai pejabat yang berbahagia tanpa perilaku korup, di tengah liarnya belantara kepentingan pribadi dan golongan penguasa. Selamat jalan Bapak Bangsa.(*)
 Perlu dibaca:

Thanks for reading Berpulangnya Mar'ie Muhammad Sosok Bung Hatta II Indonesia | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments