Dokter Kaget Saat Terapi Kanker Malah Hitamkan Uban

forumriau.com 24.7.17
forumriau.com
Senin, 24 Juli 2017
Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal JAMA Dermatology menghasilkan sebuah fakta yang menarik tentang terapi kanker.

Luar biasa, penelitian yang dilakukan oleh para dokter berasal dari negara Spanyol ini memberikan efek unik akibat obat kanker yang sedang mereka uji, yaitu rambut pasien kanker yang sebelumnya beruban justru menjadi hitam kembali.

Obat berjenis imunoterapi ini memang masih sangat baru dan sangat berbeda dengan jenis terapi lainnya, khususnya kemoterapi yang sudah dikenal luas bisa menyebabkan rambut rontok.

Hanya saja, karena masih dalam tahapan uji coba, pakar kesehatan masih meneliti efek samping dan manfaat dari terapi ini bagi para penderita kanker.

Dalam penelitian yang dilakukan di Autonomus University of Barcelona ini, ditemukan fakta unik dimana 14 dari 52 penderita kanker paru yang mengikuti uji coba terapi ini justru mendapati rambut berubannya kembali menghitam atau kecokelatan.

Pada awalnya, dr. Noelia Rivera yang terlibat dalam penelitian ini berpikir jika efek unik ini hanya kebetulan saja, namun, karena cukup banyak pasien yang akhirnya mengalaminya, ia pun yakin jika terapi ini memang bisa memberikan efek pada warna rambut.

Menariknya adalah, dalam ujicoba lainnya pada obat imunoterapi ini, diketahui bahwa obat ini mampu membuat penderita melanoma kehilangan warna rambut.

Sayangnya, dr. Rivera dan timnya belum mengetahui bagaimana cara obat ini bisa memberikan efek tersebut.

Satu hal yang pasti, obat ini ternyata cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh mereka yang sedang berada dalam kondisi sehat.

Hanya saja, dr. Rivera menyebutkan bahwa bisa jadi ketidaksengajaan penemuan efek unik dari obat ini justru bisa membuka penelitian baru untuk menemukan obat lain yang bisa mengatasi rambut beruban.(drsc)
Perlu dilihat : Cara Alami Hilangkan Uban

Thanks for reading Dokter Kaget Saat Terapi Kanker Malah Hitamkan Uban | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments