Wah Prabowo Sudah Kantongi Suara Sesuai UU Baru 20% PT Untuk 2019 | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Wah Prabowo Sudah Kantongi Suara Sesuai UU Baru 20% PT Untuk 2019

Meski undang - undang president threshold (PT) mengalami penentangan dari fraksi Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat dengan melakukan walkout di sidang paripuna, namun Calon Presiden Gerindra Prabowo Subianto dapat diprediksi akan memenuhi syarat mencalon.

FORUMRIAU.COM -- Perhitungan syarat mencalon presiden 2019 nanti itu diungkap oleh Fadli Zon dengan gabungan perolehan kursi fraksi Gerindra dan fraksi PKS di DPR RI.

"Jadi kan syaratnya 20 persen dukungan kursi dan 25 persen suara. Gerindra dengan PKS cukup (Capreskan Prabowo)," kata Fadli Zon saat berbincang dengan detikcom, Minggu (23/7/2017).

Leih lanjut Wakil Ketua Umum Gerindra ini mengatakan bahwa Prabowo mengantongi tiket ke Pilpres 2019 terseut dengan rincian perolehan kursi Gerindra di DPR sebesar 13,04% dan PKS 7,14%. Gabungan kedua partai itu menghasilkan 20,18% kursi dukungan untuk Prabowo.

Soal kemungkinan koalisi Gerindra dengan PKS, Fadli belum memberikan kepastian. Namun sejak Pilpres 2014 lalu hingga sekarang Gerindra dan PKS sudah terjalin dalam sejumlah kerjasama. Misalnya di Pilkada DKI.

"Ini kan masih lama. Mungkin tahun depan (ada kepastian)," kata Fadli.

"Insyaallah Pak Prabowo siap maju Pilpres 2019," tambah Fadli.

Sementara itu, Peneliti dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes melihat peluang Gerindra dengan PKS berkoalisi di Pilpres 2019 cukup kuat.

"Peluangnya (koalisi) 75 persen," kata Arya.

Meski Prabowo sudah mendapat cukup dukungan, Gerindra dan PKS harus berusaha menggaet PAN atau Demokrat.

"Atau mungkin Gerindra dan PKS harus bisa menggaet dua-duanya (PAN dan Demokrat)," kata Arya.(*)
Perlu dilihat : Saat Kata Hancur Negara Era Jokowi Mulai Terbukti

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: