Mengapa Teroris ISIS Suka HP Nokia 105? Ini Alasannya.. | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Mengapa Teroris ISIS Suka HP Nokia 105? Ini Alasannya..



Kelompok militan ISIS paling suka dengan teknologi. Tapi soal telephone seluler (ponsel), mereka lebih suka pakai handphone (HP) dengan fitur sederhana saja. Kenapa?

FORUMRIAU.COM: Ponsel jenis feature phone Nokia banyak dikenal karena kehandalannya, sebut saja Nokia 3310. Kini Nokia 105 mengikuti jejak seniornya itu karena menjadi ponsel favorit kelompok militan ISIS.

Dikutip detikINET dari NBC, laporan terbaru dari lembaga pengawas persenjataan, Conflict Armament Research (CAR) menyatakan hal tersebut. Ada beberapa alasan mengapa ISIS menyukai ponsel sederhana ini.

Pertama, harganya yang murah, sekitar tiga ratus ribuan saja dan banyak tersedia di Timur Tengah. Dan ternyata Nokia 105 ini terutama tidak digunakan sebagai perangkat telekomunikasi melainkan disalahgunakan sebagai alat pemicu bom ciptaan ISIS yang dinamakan IED.

Lebih penting lagi, Nokia 105 tidak memiliki konektivitas internet, kamera atau aplikasi yang membuatnya tidak bisa dilacak. Dan ia gampang dipakai sehingga memudahkan proses latihan pada militan ISIS yang akan meledakkan bom.

Dalam penelitian ini, CAR melakukan dokumentasi sepuluh unit ponsel yang disita dari anggota ISIS di Irak. Ternyata merek yang secara konsisten digunakan oleh ISIS adalah Nokia 105.

Layaknya feature phone umumnya, Nokia 105 mengusung model candybar dengan barisan keypad angka. Begitu juga dengan tampilan menu di layar 1,45 inch yang diusungnya, pengguna hanya akan menemukan fungsi-fungsi sederhana seperti daftar kontak dan sms.

Pun demikian untuk membunuh kebosanan penggunanya, Microsoft juga membekali dengan beberapa game sederhana, antara lain Snake dan Bubble Bash 2. Oh ya, handset ini dirilis awal tahun 2013.***

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: