Waduh..Balon Walikota Ini Cari Ilmu ke Jepang Untuk Pekanbaru 1

forumriau.com 15.3.16
forumriau.com
Selasa, 15 Maret 2016


Warga kota Pekanbaru kini akan punya percaya diri untuk menentukan pemimpinnya ke depan. Banyaknya bakal calon yang meuncul dan mendaftar ke sejumlah partai politik, memaksa warga kota Pekanbaru berpikir kompetitif, selektif dan cerdas dalam menentukan pilihan Walikota ke depan.

Satu dari sekian banyak nama bakal calon (balon) yang mendaftar di Partai Politik (Parpol), punya kemampuan tersendiri dalam wawasan kebangsaan.

FORUMRIAU.COM: Kemampuan khusus itu adalah pendidikan Diklatpim Lemhanas yang diikuti pejabat PNS. Tujuannya, agar para pejabat memiliki wawasan lebih luas dan menjadi bekal penguatan visi dan misi pelaksanaan tugas Presiden menjalankan program pemerintah di daerah. Diklatpim Lemhanas ini merupakan Diklat terrtinggi dalam strata pejabat pemerintahan PNS (ASN).

Pendidikan Diklatpim ini sesuai dengan perintah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi. Menteri ini mewajibkan setiap pejabat tinggi di Kementerian dan Lembaga untuk mengikuti pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional RI (Lemhanas). Menurutnya, pendidikan ini penting untuk menambah wawasan mengenai kebangsaan.

“Secara pararel Diklat Pim  untuk seluruh jabatan diwajibkan bagi PNS. Tetapi sekarang bagaimana melembagakan Lemhanas sebagai sebuah keterpanggilan untuk diikuti. Pendidikan Lemhanas itu penting. Diklat Pim wajib karena untuk pendidikan dasar. Tapi Lemhanas penting. Lemhanas harus menjadi kawah candradimuka mengenai nilai-nilai ke-Indonesiaan,"tegas Yuddy.

Karena itu, Menteri mengatakan, setiap PNS/ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ingin mengikuti seleksi jabatan pimpinan tinggi wajib masuk Lemhanas, sedangkan yang sudah menjadi pimpinan tinggi tinggal mengikuti. Berdasarkan catatan LAN, hanya 60 persen dari sekitar 2.000 pimpinan tinggi yang sudah mengikuti Lemhanas. Kepala LAN Adi Suryanto mengatakan, ASN harus memiliki nilai ANEKA yaitu  Akuntabel, Nasionalisme, Etika, Komitmen mutu, dan Anti korupsi.

Siapa Balon Walikota Pekanbaru Punya Kompetensi Tersebut?
Penelusuran redaksi, dari sekian nama balon walikota Pekanbaru yang muncul, satu-satunya yang punya kemampuan dan pendidikan ASN Diklatpim Lemhanas tersebut adalah DR.Ir.Dwi Agus Sumarno MM.MSi. Saat ini, Diklatpim I yang diikuti Dwi selaku pejabat eselon II Dinas PU Cipta Karya Provinsi Riau ini berlangsung lancar.

"Ya memang benar, saya sepabagi pegawai negeri wajib mengikutinya sesuai anjurran menteri. Alamdulilla saya masuk kategori dari 60 persen pimpinan tinggi se Indonesia. Berikutnya saya empat ari ke depan praktikum ke negara Jepang bersama pejabat peserta lain,"jawab Dwi.***
Oleh: Surya Koto   




Thanks for reading Waduh..Balon Walikota Ini Cari Ilmu ke Jepang Untuk Pekanbaru 1 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments