Pelantikan Septina Primawati Jadi Ketua DPRD Riau Berlangsung Khidmad | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Pelantikan Septina Primawati Jadi Ketua DPRD Riau Berlangsung Khidmad

Pelantikan Dra. Hj. Septina Primawati MM jadi ketua DPRD Riau masa bhakti sisa jabatan 2014-2019 berlangsung khidmad. Ia resmi menjadi Ketua DPRD Provinsi Riau usai dilantik di Gedung DPRD Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, (24/10/2016).

Pelantikannya resmi dilakukan dengan rapat paripurna istimewa. Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman memimpin rapat tersebut. Pimpinan dewan yang juga mendapingi pimpinan sidang adalah Wakil DPRD Riau Manahara Manurung dan Sunaryo.

Banyak tamu undangan datang menghadiri pelantikan itu. Selain Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA, Ketua Harian DPP Golkan Nurdin Halid juga hadir.

Terlihat juga mantan Mentri dalam Negeri Letjen TNI H Syarwan Hamid. Selanjutnya ada mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Amalia Sari Gumelar.  Ketua Dewan Penasehat BK3S RI Sri Sudarsono juga berada dalam rapat tersebut.

Sederet anggota DPR dan DPD RI Dapil Riau juga duduk di kursi undangan rapat paripurna istimewa ini. Tidak ketinggalan Bupati/Walikota se provinsi Riau dari 12 daerah.

Kehadiran tamu bertambah lengkap dengan pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, serta tamu undangan lainnya.

Septina diangkat sebagai Ketua DPRD Riau untuk mengisi kekosongan jabatan. Karena jabatan ketua DPRD Riau kosong setelah ditinggal Suparman S.Sos. Dimana, Suparman mengundurkan diri untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 lalu untuk Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam acara pelantikan, Septina Primawati mengucapkan janji dan sumpah Ketua DPRD Riau. Pengucapan sumpah dan janji itu dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Riau.

"Demi Allah, saya berjanji bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," demikian janji/sumpah yang diucapkan Septiana Primawati di depan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Riau, (24/10/2016).

Dalam pidato pertamanya sebagai Ketua DPRD Riau, Septina mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

"Saya memiliki keyakinan kuat, untuk bersama-sama mewujudkan Riau sejahtera, Riau berkemajuan, adil dan merata ke pelosok kampung," sebut Septina dalam pidatonya..

Selaku pimpinan baru di DPRD Riau, Ia juga berharap eksekutif dan legislatif harus dapat memainkan peran penting baik lingkup regionl maupun nasional. Sehingga dinamika politik yang santun dapat diharapkan dalam perbaikan masyarakat Riau.

"Atmosfir kebijakan di Riau tetap kondusif dan tidak ada lagi retorika dan janji-janji politik," katanya.

Selain itu, sebagai kaum perempuan yang pertama jadi Ketua DPRD Riau, Septina merasakan tidak ada diskriminasi gender dan pembatasan antar jenis di era globalisasi saat ini.

"Kita, Riau telah membuat Ibu Kartini tersenyum," kata Septina dengan haru dihadapan ribuan mata yang menghadiri pelantikannya.

"Dengan selesainya proses pelantikan, maka kami sudah melaksanakan tanggung jawab konstitusi. Tugas berat sudah menanti Pimpinan dan Anggota DPRD Riau," kata ketua DPRD yang baru dilantik itu.

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldi Jusman memberikan selamat kepada Septina atas pelantikannya sebagai Ketua DPRD Riau. Politisi Partai Demokrat tersebut berharap Istri Rusli Zainal itu bisa mengemban amanah dengan baik hingga akhir masa jabatannya.

"Semoga amanah dan dapat dengan baik mendengarkan aspirasi masyarakat Riau," tandas Noviwaldi.

Pandangan dan harapan Gubernur Riau:
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman memberikan ucapan selamat kepada Septina Primawati.

Ucapan tersebut ditujukan atas dilantiknya Septina sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau sisa masa jabatan 2014-2019.

Ia berharap dilantiknya Septina dapat melanjutkan pembangunan daerah Riau. Menurut Andi, legislatif DPRD Riau telah lengkap kursi pimpinannya dengan kehadiran Septina. Sehingga akan lebih baik secara bersama-sama dengan pemerintah provinsi Riau selaku mitra kerja dari DPRD Riau.

"Kita berharap kerja sama yang selama ini sudah terbangun dengan baik antara lembaga eksekutif dan legislatif dapat diteruskan dan ditingkatkan dalam rangka pembangunan provinsi Riau," kata Arsydjuliandi Rachman, Senin, 24 Oktober 2016 usai hadiri pelantikan Septina di Gedung DPRD Riau.

Gubernur yang akrab disapa Andi Rachman ini percaya bahwa DPRD Riau dapat berjalan dengan baik selama kepemimpinan Septina berlangsung hingga usai nantinya.

"Dari pidato tadi juga sudah disampaikan mengenai komitmen beliau untuk meningkatkan komunikasi antar lembaga eksekutif dan legislatif daerah Riau. Apalagi ini demi peningkatan mutu kualitas pembangunan daerah kita sendiri," jelas Andi

Perempuan Pertama Menjabat Ketua DPRD Riau
Nama Septina Primawati sebelumnya tidak masuk dalam daftar rekomendasi DPD I Golkar Riau untuk jabatan Ketua DPRD Riau. Namun, sejak awal DPP Golkar telah mengeluarkan SK Penunjukkan atas nama Septina.

Perjalanan itu sempat mandeg dalam 10 bulan menyusul sengketa DPP Golkar yang belum usai pada saat ini. Setelah Munas Golkar di Bali, maka SK Septina akhirnya diakui oleh Ketum DPP Golkar Setya Novanto.

Dalam catatan Provinsi Riau, baru kali ini unsur Pimpinan Legislatif DPRD Riau yang dipimpin oleh Perempuan.

Bahkan saat ini, Fraksi Golkar DPRD Riau juga dipimpin oleh perempuan atas nama Supriati. Kursi Pimpinan DPRD Riau mutlak milik Golkar 2014-2019. Hal karena Golkar peraih suara/kursi terbanyak untuk DPRD Riau hasil Pemilu Legislatif 2014 silam.

Bahkan fraksi Golkar DPRD Riau melebihi kuota mencapai 50% persen dari 14 kursi di DPRD Riau.

Saat ini selain Septina, nama kader Golkar yang perempuan di DPRD Riau adalah Supriati, Sumiyanti, Nuraini, Karmila Sari, Sulastri dan Sewitri.

Kursi kader Golkar dari laki-lakinya adalah Abdul Vattah, Yulisman, Masgaol, Masnur, Ramos T Sianturi, Mirza Noor dan Erizal Muluk.

Ucapan dari Bupati/Walikota:
Bersama sejumlah kepala daerah lainnya di Riau, Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga hadir pada acara pengambilan sumpah dan janji jabatan ketua DPRD Riau ini. Septina merupakan istri mantan Gubernur Riau dua periode HM Rusli Zainal itu tidak asing bagi kepala daerah lainnya di Riau.

Bupati Amril Mukminin atas nama pribadi, keluarga, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bengkalis, mengucapkan tahniah atas dilantiknya Septina sebagai orang nomro satu di legislatif Riau.

Amril optimis, Septina Primawati mampu menjalankan amanah sebaik-baiknya sebagai Ketua DPRD Riau. Septina dinilai akan memberi kontribusi terbaik untuk mempercepat keberhasilan pembangunan di Bumi Lancang Kuning ini. Mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat, tidak terkecuali masyarakat dari Kabupaten Bengkalis.

"Kami percaya, amanah tersebut akan mampu dan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, mari sama-sama kita dukung kepemimpinan Ibu Septina sebagai Ketua DPRD, agar beliau sukses menjalankan kepercayaan tersebut," ujar Amril didampingi istri Kasmarni Amril, sebelum meninggalkan gedung DPRD Riau.

Sementara itu, Wakil walikota Dumai Eko Suharjo juga menghadiri acara pengambilan sumpah janji jabatan Ketua DPRD Riau Dra. Hj. Septina Primawati, MM tersebut.

Eko Suharjo menyampaikan pesan Walikota atas ucapan selamat menjadi ketua DPRD yang baru semoga amanah yang diberikan terlaksana dengan sesuai harapan masyarakat Riau.

"Tentu kedepannya juga kita berharap perhatian kepada kota Dumai juga menjadi salah satu agenda penting beliau di legislatif Propinsi Riau," kata Eko.

Sedangkan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi juga menghadiri acara tersebut secara langsung mengucapkan selamat dan tahniah kepada Septina. Ia berharap kepemimpinan Septina di legislatif dapat bersinergi dengan provinsi dan daerah kabupaten dan kota se Riau.

Begitu juga dengan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan beserta Istri menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Septina sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung DPRD Provinsi Riau Jl Sudirman Pekanbaru ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Rosman Malomo, Sekda Said Syarifuddin serta tokoh masyarakat dan pejabat di lingkungan pemerintahan kabupaten setempat.

Bupati HM Wardan yang di wawancara awak media usai menghadiri pelantikan Ketua DPRD Provinsi Riau Priode 2014-2019 mengucapkan selamat kepada Septina Primawati sebagai ketua DPRD Provinsi Riau.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil, kami siap membantu demi kelancaran pelaksanaan tugas Hj Ibu Septina sebagai Ketua DPRD dan siap berkoordinasi dengan disertai kebersamaan akan lebih kuat, bersama-sama memberikan support dan membangun Provinsi Riau yang di dalamnya termasuk Kabupaten Inhil," katanya.

Ucapan Selamat dan Optimis Anggota F-Golkar
Semua kader Golkar yang ada di DPRD Riau mengucapkan selamat atas pelantikan Septina. Mereka menyambut kehadiran ketua DPRD Riau yang dari Golkar tersebut.

Seperti Abdull Vattah sebagai kader Golkar dari daerah pemilihan Bengkalis dan Meranti ini menyatakan leg atas diisinya kekosongan jabatan ketua DPRD Riau.

"Perasaan lega. Karena kekosongan jabatan ketua DPRD dari Golkar sangat berpengaruh untuk kebijakan daerah dari legislatif," kata Abdul Vattah.

Supriati sebagai ketua Fraksi Golkar DPRD Riau juga mengucapkan selamat atas pelantikan Septina. Menurutnya, kekosongan yang telah diisi akan lebih mengarahkan kebijakan untuk daerah ke depan.

"Wakil rakyat tentunya harus punya pimpinan melalui parlemen. Jika kekosongan terus terjadi, maka perwakilan suara dan aspirasi rakyat akan terhambat," ujar Supriati.

Yulisman yang juga kader Golkar mengucapkan terimakasih atas semua kader yang punya apresiasi baik terhadap Septina.

"Yang sangat saya banggakan dan terimakasih adalah kekompakan kader Golkar. Kehadiran ketua DPRD Riau dari kader Golkar sendiri menjalin lebih kuat kinerja legislatif untuk melanjutkan pembangunan di Riau," pungkas Yulisman.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: