Lupa Minum Pil KB Bisa Diatasi Rumus 12 Jam | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Lupa Minum Pil KB Bisa Diatasi Rumus 12 Jam

Konsumsi pil KB harus dilakukan setiap hari di jam yang sama. Namun, karena berbagai sebab, kadang ada wanita yang lupa mengonsumsi pil KB-nya. Jika seperti itu, gunakan rumus 12 jam.

Seperti penuturan dr Boy Abidin SpOG(K) dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, rumus 12 jam bisa digunakan ketika seorang wanita lupa mengonsumsi pil KB. Bagaimana cara penerapan rumus tersebut?

"Kalau belum lewat 12 jam, langsung minum satu pil yang kelupaan tadi, kemudian minum lagi satu sesuai jadwal normal. Misalnya biasa minum jam 9 pagi, terus baru ingat jam 5 sore. Langsung minum saat itu juga satu, terus besok jam 9 paginya minum lagi sesuai jadwal,"tutur dr Boy.

Di sela-sela Diskusi Media Bayer 'Fakta dan Mitos Pil Kontrasepsi Hormonal' di Double Tree Hotel, Cikini, Jakarta, Selasa (24/5/2016), dr Boy menambahkan sebetulnya ada pilihan lainnya. Jika wanita tidak mau mengonsumsi pil KB dobel, minumlah pil KB di jam berikutnya yang sesuai aturan, tapi tambah kontrasepsi lain seperti kondom atau tidak berhubungan intim sementara.

Jika jeda waktu lupa konsumsi pil KB lebih dari 24 jam dari aturan minum biasanya, bisa diteruskan konsumsi dobel tapi biasanya ada risiko mual. Atau, bisa juga drop out yang berarti konsumsi pil KB harus diulang lagi dari awal.

"Kalau di-drop out berarti ulang. Tunggu saja sampai dia haid kemudian dia mulai kemasan yang baru lagi. Biasanya setelah di-drop out akan terjadi perdarahan kemudian selesai perdarahan, lanjut dengan kemasan yang baru,"tutur dr Boy dikutip detikhealth.*

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: