Saat Penemu Listrik Pohon Disorot Media Dunia | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Saat Penemu Listrik Pohon Disorot Media Dunia

Prestasi nyata yang dibuat oleh Naufal Rizki ternyata sudah disorot media Internasional. Meski berkonten lokal, saluran National Geographic edisi Indonesia telah membuat film berbasis dokumenter, kegiatan Rizki Naufal yang menemukan sumber listrik dari pohon kedondong lingkungan rumahnya.

Banyak yang bertanya, mengapa anak secerdas dan sekreatif Rizki Naufal malah tidak jadi perhatian media lokal dan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Pertanyaan ini mencuat ke tengah publik netizen media sosial setelah adanya kasus plagiat Afi Nihaya Faradisa yang malah diekspos media lokal dan diundang ke istana oleh Presiden Joko Widodo. Meski konten kreatifitas seorang Afi Nihaya Faradisa hanya sebatas plagiat di akun media sosial, jauh beda dengan temuan Rizki Naufal.

Pertanyaan ini dalam alam bawah sadar banyak orang sebenarnya sudah terjawab. Walau sedikit sekali yang mengeluarkannya secara bahasa dan aksi menolak plagiat (pencuri karya orang lain).

Lain hal jika diarahkan kamera kepada anak bernama Naufal Rizki. Seorang pelajar berbakat teknis ini sebenarnya tidak butuh popularitas yang tidak ada manfaat bagi karyanya. Bagi Naufal, membuat karya nyata tumbuh dari kepeduliannya akan krisis listrik di daerahnya.

Naufal, putra Aceh ini telah dapat sorotan media internasional dalam kotak acara film dokumenter National Geographic versi Indonesia. Tayangan ini punya pengaruh besar terhadap Indonesia terutama kegiatan traveling dan wisatawan, setidaknya saat masa libur.

Tayangan National Geographic selalu menayangkan latar alam, sosial dan budaya yang jika temanya pada kreatifitas Naufal Rizki, anak Aceh yang daerahnya dikenal dunia melalui musibah gempa pada 2004 silam.

Scane demi scane jika National Geographic membuat film dokumenter selalu punya latar berpengaruh pada sentuhan alam, sosial dan budaya lebih dalamnya human interest. Seakan menyampaikan Aceh bangkit dari keterpurukan setelah musibah terbesar gempa dan tsunami 2004 silam.

Tema ini selalu menjadi latar media asing memperhatikan Aceh, negeri yang dulunya ada negara kerajaan Islam berjaya dan peninggalannya telah menjadi daya tarik traveling dan wisata manca negara.

Ironi memang bila disandingkan dengan pelaku plagiat digaungkan dan diundang oleh orang nomor satu di negara ini, mengingat karya nyata kreatif anak bangsa bernama Naufal Rizki lebih punya peran positif bagi kehidupan masa depan negara.

Berikut ini video National Geographic yang membuat film dokumenter Naufal Rizki

(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: