Pasang Iklan Anda Disini - 970x90 Pixel Banner

Kementerian Perhubungan Laut Kelas 1 Dumai Gelar Seminar Forum Keselamatan Pelayaran

forumriau.com 16.11.22
forumriau.com
Rabu, 16 November 2022




FORUMRIAU.COM - PEKANBARU - Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhitungan Laut Distrik Navigasi Kelas I Dumai melaksanakan Forum Kehumasan Dan Forum Keselamatan Pelayaran. Bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru Provinsi Riau. Rabu (16/11/2022).

Turut hadir, Kabidnas Kelas I Dumai Capt Heru Susanto MM, Distrik-distrik Navigasi diantaranya dari Semarang Budimantoro, Buk Retno Wijayanti, Seluruh Kepala UPT Wilayah Riau, diantaranya ada dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Inhil yaitu Tambilahan, Kabupaten Bengkalis Kepala TKN Riau, Kepala Bagian Keuangan Buk Retno, Kepala BPTD Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, GM PT Pelindo Persero Cabang Dumai dan Pekanbaru, Para Kepala Pimpinan Direktur Ketua Asosiasi sebagai Mitra di kemaritiman di Provinsi Riau, serta undangan yang lainnya.

Narasumber : Kepala KPKNL Pekanbaru : Maulina Fahmilita, S S.PSi., M.Si., Kepala Kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton : Humaid Minagari, ST., Kepala Bagian Keuangan Ditjen Hubla : Retno Wijayanti, serta Direktorat Kenavigasian : Kasubdit Telkompel Indra Santoso, SE, dan PKP Ahli Madya Ir. Zahara Saputra.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai Capt Heru Susanto MM menyampaikan Kehumasan dan Forum Keselamatan Pelayaran di Lingkungan Distrik Navigasi Kelas I Dumai TA 2022.

Dasar Hukum dari kegiatan ini 1. Undang-undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2010 tentang Kenavigasian, Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 2010 tentang Angkutan di Perairan, Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 25 tahun 2011 tentang Telekomunikasi Pelayaran, Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 57 tahun 2015 tentang Pemanduan, Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 129 tahun 2016 tentang Alur Pelayaran di Laut dan Bangunan dan/atau Instansi di Perairan serta Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Kantor Distrik Navigasi Kelas I Dumai Nomor: DIPA-022.04.2.413225)2022 tanggal 17 Nopember 2021. Jelas Heru

Maksud dari Kegiatan ini adalah untuk melihat potensi dan mengoperasikan penerimaan PNBP, serta mensosialisasikan KM 196 Tahun 2022 tentang Penetapan Alur Pelayaran masuk Pelabuhan Bengkalis dan Pelabuhan Sei. Pakning dan PM 18 Tahun 2022 tentang Sistem Identifikasi Otomatis bagi Kapal yang melakukan Kegiatan di Wilayah Perairan Indonesia. Ucapnya

Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan Kehumasan Dan Forum Keselamatan Pelayaran di Lingkungan Distrik Navigasi Kelas I Dumai ini adalah untuk menggali Potensi dan Optimalisasi Pemungutan PNBP, Mewujudkan Keselamatan Pelayaran, Suatu wadah koordinasi perangkat daerah dan stakeholder terkait dalam mengakomodir permasalahan di lapangan menyangkut keselamatan pelayaran khususnya di wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Dumai, serta Menurunkan angka kecelakaan di perairan dan kerugian akibat kecelakaan.

Peserta berjumlah lebih kurang 100 orang, terdiri dari Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Wilayah Kerja Riau dan Kepri, Instansi Pemerintah maupun Swasta serta Stakeholder terkait. pungkas Heru

Materi yang akan dibahas pada kegiatan Kehumasan dan Forum Keselamatan Pelayaran di lingkungan Distrik Navigasi Kelas 1 Dumai ini dengan topik yaitu Pemanfaatan Aset BMN dalam rangka menuju PK-BLU oleh KPKNL Riau, Potensi dan Optimalisasi Pemungutan PNBP oleh Kepala Bagian Keuangan Sesditjen Hubla, Sosialisasi KM 196 tahun 2022 tentang Penetapan Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Bengkalis dan Pelabuhan Sei Pakning dan PM 18 tahun 2022 tentang Sistem Identifikasi Otomatis Bagi Kapal yang melakukan kegiatan di wilayah perairan Indonesia oleh Kasubdit Alur dan Perlintasan, serta Peranan KSOP Kelas II Yg Buton dalam rangka pengawasan KM 196 tahun 2022 tentang Penetapan Alur Pelayaran Masuk Khusus Sei Pakning oleh Kepala KSOP Kelas II Buton. harap Capt. Heru Susanto MM, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan.

Bagaimana menghindarkan bahaya-bahaya terkait dengan keselamatan pelayaran khususnya mengamankan pipa dari kabel bawah laut di wilayah Kepri ini.

Pada hari kita melaksanakan acara Kehumasan Dan Forum Keselamatan Pelayaran Dilingkungan Distrik Navigasi Kelas I Dumai.

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia dengan luas wilayah laut sekitar 5,9 juta kilometer. Dimana pelabuhan memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian negara kita. Wilayah Kerja Distrik Navigasi Kelas I Dumai yang cukup luas dan lalu lintas pelayanan padat mulai dari Selat Malaka, Pulau Jemur sampai dengan Tanjung Balai Karimun hingga Pulau Hiu Kecil.

Salah satu pelabuhan yaitu pelabuhan Dumai, ini merupakan pelabuhan yang masuk dalam wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Dumai, merupakan pelabuhan yang dikelola oleh PT pelabuhan Indonesia dengan data kunjungan kapal tercatat sebanyak 8000 volt selama bulan Januari sampai September 2022.

Wilayah Kerja Distrik Navigasi Kelas I Dumai dengan cara distristik yaitu 4 area konservasi, 3 area wisata bahari, 11 instalasi bawah air, 7 Anjungan tempat pantai, satu kelas untuk lalu lintas internasional, satu pelabuhan umum, 97 TERSUS/TUKS, 24 alur masuk pelabuhan, lima alur lintas utama, delapan ruto Peri cepat domestik dan enam ruto Peri internasional.

Menurut KP 432 tahun 7 2017 tentang rencana induk pelabuhan nasional hirarki ke pelabuhan di wilayah kerja Distrik Navigasi kelas 1 Dumai terdiri dari satu pelabuhan utama, 10 pelabuhan pengumpul, 8 pelabuhan Pengumpan regional dan 5 pelabuhan pengumpan lokal.

Keselamatan merupakan esensi utama dalam penyelenggaraan transportasi tidak terkecuali transportasi laut, untuk mewujudkan transportasi laut yang berselamatan tentu bukanlah hal yang sederhana dan hanya dapat diwujudkan dengan upaya yang kuat, komitmen tinggi dari seluruh pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan seluruh sarana dan prasarana sumber daya yang dimiliki serta semangat kebersamaan yang tulus, itulah mengapa pada hari ini kita berkumpul yakni untuk menyamakan persepsi mensinergikan langkah dan mendorong percepatan penataan instrumen-instrumen peningkatan keselamatan pelayaran. Keselamatan pelayaran tidak dapat datang dengan sendirinya perwujudan peningkatan keselamatan pelayaran berbanding lurus dengan terpenuhinya pengetahuan para pelaku transportasi laut serta stake holder terkait terhadap norma standar kriteria dan prosedur khususnya terkait alur pelayaran dan perlintasan di laut khusus wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Dumai.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan informasi mengenai potensi dan optimalisasi PNBP dan sosialisasi KM 196 tahun 2022 tentang penetapan alur pelayanan masuk pelabuhan Bengkalis dan pelabuhan Pakning dan juga peraturan menteri nomor 18 tahun 2022 tentang Distrik identifikasi otomatis bagi kapal yang melakukan kegiatan. tutup Ir Hengky Angkasawan Direktur Kenavigasian DJPL ( rls )

Thanks for reading Kementerian Perhubungan Laut Kelas 1 Dumai Gelar Seminar Forum Keselamatan Pelayaran | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments