Kapolda Riau Lepas Kontingen Pertikaranas IV Kwarda Riau di Palembang

forumriau.com 14.11.22
forumriau.com
Senin, 14 November 2022

 

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen (Pol) Muhammad Iqbal, S.IK.,MH selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Kamabisaka) Bhayangkara melepas secara resmi kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau untuk mengikuti Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikaranas) IV di Palembang, di aula Markas Kepolisian RI Daerah (Mapolda) Riau, Jumat (11/11/2022).
Kapolda Riau Muhammad Iqbal berpesan kepada kontingen Riau agar mengikuti kegiatan Pertikaranas dengan penuh semangat dan dengan keikhlasan.

"Kakak berpesan ikuti even ini dengan penuh semangat, dengan keikhlasan bahwa adik-adik dan kakak-kakak Pembina adalah orang-orang terpilih sebagai perwakilan yang membanggakan Provinsi Riau dan sekaligus membanggakan Polda Riau," Iqbal.

Menurut Iqbal, calon-calon pemimpin bangsa dari Kwarda atau katakanlah lapisan-lapisan generasi muda Pramuka Provinsi Riau bukan "kaleng-kaleng', dia harus menggetarkan bumi pertiwi dengan akhlaknya yang baik, disiplinnya yang hebat dan wawasannya.

"Dan kepada Pembina Pendamping, saya titip dampingi adik-adik Pramuka, tuntun mereka, dampingi mereka dan perhatikan mereka, kalau ada masalah jangan sungkan-sungkan, lapor Kapolda," pinta Iqbal yang juga mantan Kepala Divisi Humas Polri ini.

Iqbal mengucapkan terimakasih kepada Kwarda Gerakan Pramuka Riau dan Bimmas Polda Riau yang telah ikut berkontribusi dalam pengiriman kontingen Kwarda Riau pada Pertikaranas IV Tahun 2022. 

Iqbal menyampaikan rasa bangganya melepas kontingen Pertikaranas dan langsung melihat penampilan pembawa acara (MC), mendengar sambutan pimpinan kontingen Daerah Riau Heldayati dan peserta Pertikaranas IV yang tampil bagus. 

"Inilah hasil pembinaan Kwarda Pramuka Provinsi Riau dan inilah kompetensi yang dilahirkan oleh Pramuka-Pramuka Andalan di Provinsi Riau.

Sementara Gubernur Riau diwakili Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy dalam sambutannya mengatakan Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara atau disingkat Pertikara, merupakan sebuah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam upaya menggali potensi, mengenal pengetahuan dan keterampilan di bidang kebhayangkaraan sehingga adik-adik peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan kelak akan merasakan manfaat, pengetahuan, serta keterampilan baik teknik kepramukaan di bidang kebhayangkaraan maupun kegiatan bidang lainnya.

"Sebagai ajang pertemuan terbesar Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional dengan tema "Pramuka SMART, Pramuka hebat", Pertikara Nasional juga sebagai ajang bagi adik-adik dan kakak-kakak untuk dapat menunjukkan keberhasilan latihan dan prestasinya selama ini di Satuan Karya Bhayangkara masing-masing untuk tergabung dalam kontingen daerah Provinsi Riau," kata Masrul.

Berkenaan dengan kegiatan adik-adik mengikuti Pertikara ke-IV Tingkat Nasional tahun 2022, sebagai kontingen daerah Riau Provinsi Riau, Masrul menyampaikan 4 pesan yaitu: pertama, menjadikanlah kegiatan Pertikara Tingkat Nasional ini sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi adik-adik dan jangan lupa setelah kegiatan ini selesai, sebarkanlah pengalaman yang diperoleh kepada teman-teman di Satuan Karya Bhayangkara adik-adik di daerah masing-masing.

Kedua, sebagai utusan daerah Provinsi Riau, dia berharap adik-adik juga dapat memperkenalkan daerah Provinsi Riau sebagai daerah yang mempunyai potensi dan keunggulan dengan wisata dan budaya serta bidang lain.

Ketiga, Menjaga selalu semangat, kekompakan serta kesehatan adik-adik selama kegiatan, mulai dari keberangkatan sampai nantinya kepulangan ke daerah masing-masing.

Keempat, agar terus berlatih dan membina diri di Satuan Karya Bhayangkara di daerah masing-masing.

"Dan tentunya juga tetap mendapat bimbingan, arahan dan petunjuk dari Kepolisian setempat, agar generasi muda kita mempunyai kegiatan serta waktu yang positif dan penuh kreasi," Kata Masrul. 
Pimpinan Kontingen Daerah Riau Heldayati melaporkan Pertikaranas dilaksanakan mulai tanggal 13 s.d 18 November 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Gandus, Palembang Sumatera Selatan.

Kontingen daerah Riau berjumlah 39 orang terdiri dari 4 orang Pembina Pendamping, 2 orang Pimpinan Kontingen, 1 orang Staf Kontingen dan 32 orang peserta dengan rincian 4 orang (2 putra 2 putri) anggota Dewan Kehormatan Daerah (SKD) Riau, 4 orang (2 putra 2 putri) anggota Saka Bhayangkara dari 7 Kwartir Cabang yakni Indragiri Hilir, Bengkalis, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Pelalawan. 

Kegiatan Pertikaranas IV yang akan diikuti terdiri dari kegiatan umum, kegiatan khusus, kegiatan bakti fisik dan nonfisik, pendalaman Krida; Krida ketertiban masyarakat, Krida Lalu Lintas, Krida pencegahan dan penanggulangan bencana, serta Krida tempat kejadian perkara, kegiatan wisata, wawasan, keterampilan Kepramukaan dan festival.
Pelepasan secara resmi ditandai dengan pemasangan jaket kontingen, tanjak, dan selempang oleh Kapolda Riau bersama Asisten I Setda Provinsi Riau Masrul Kasmy, Ketua Kwarda Riau Kasiarudin dan Direktur Binmas Polda Riau Kombes Pol Wendry Purbiyantoro, SH kepada perwakilan peserta Pertikaranas IV. 
Selanjutnya Kapolda Riau bersama undangan melepas bendera Pramuka Kwarda Riau di halaman Mapolda Riau sebagai tanda dilepasnya kontingen daerah Riau secara resmi menuju Pertikaranas IV Tahun 2022.

Hadir dalam acara Bendahara Mabida Harian Amrin Am, Anggota Mabida Harian Prof. Soewardi MS,  Helmiyati, Wadir Binmas Polda Riau AKBP Dermawan Marpaung, S.IK.,M.Si., Pembina Pendamping  Khairul Akmal, Harubeni Maria, Ketua DKD Riau Raka Teguh Pratama dan undangan lainnya. (Ril)





 

Thanks for reading Kapolda Riau Lepas Kontingen Pertikaranas IV Kwarda Riau di Palembang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments