Pasang Iklan Anda Disini - 970x90 Pixel Banner

Road Show Forkades Inuman Tentang penguatan tata kelola desa,dibuka secara resmi oleh camat Inuman

forumriau.com 23.6.22
forumriau.com
Kamis, 23 Juni 2022


FORUMRIAU.COM - KUANSING - Forum Kepala Desa (Forkades) Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing menggelar Road Show dalam rangka  rapat koordinasi (rakor) tetang penguatan tata kelola desa, di Aula Kantor Camat Inuman, Kamis 23/6.
 
Camat Inuman Arifin,SE.membuka acara tersebut,dalam arahan nya Arifin berharap agar seluruh kepala desa sekacamatan inuman agar dapat mengikuti acara tersebut dengan serius,karena acara ini sangat penting tentang tata kelola desa.

Disisi lain,Arifin juga menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu pihak nya telah membentuk tim monitoring evaluasi dana desa,dari hasil monitoring tersebut,masih ada beberapa yang harus di lengkapi oleh para kades,contoh terkait penyaluran honor Lembaga Adat Desa ( LAD) .
Yang menjadi kendala di desa terkait penyaluran. Honor LAD ini menunggu perbub.karena perbub nya belum juga turun maka ,pihaknya meminta agar honor LAD ini agar tunda bayar dulu.sampai perbub itu turun.

Ketua Forkades Inuman, Emri Nofediles,S.Pd mengatakan kegiatan rapat koordinasi penguatan tata kelola desa ini untuk memberikan wawasan bagi perangkat desa dalam memahami segala aturan dan regulasi terkait pengelolaan dana desa.
 
"Dan juga untuk meminimalisir penyimpangan pengelolaan. Harapanya dengan adanya kegiatan rapat koordinasi ini, kita bisa memahami dan menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai peraturan perundang-undangan yang ada," kata putra yang akrab di sapa siem itu.
 
Kanit Tipikor Satreskrim Polres Kuansing, Ipda Iwan Butar Butar dalam kesempatan itu menyampaikan, pemberian edukasi hukum kepada pengelola desa dalam menjalankan roda pemerintahan merupakan suatu upaya pencegahan pelanggaran aturan hukum.
 
Selaku Aparat Penegak Hukum (APH) yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut menyebutkan, pentingnya peningkatan pengetahuan tentang hukum bagi perangkat desa, BPD dan pihak lainnya sehingga bisa memahami dan mengimplementasikan tupoksi sesuai norma hukum yang berlaku.
 
"Dengan pengetahuan hukum yang diberikan setidaknya bisa meminimalisir pelanggaran aturan hukum. Semoga ini bisa memberikan wawasan dan kesadaran hukum bagi para perangkat desa, sehingga pengelolaan keuangan desa lebih baik lagi," katanya.
 
Sementara itu Kasi Keuangan Dinsos PMD Kuansing, Fakhrurrazy dalam arahannya menuturkan pemahaman pengelolaan dana desa merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh pengelola pemerintahan desa. Khususnya perangkat desa mulai dari perencanaan hingga pelaporan keuangan sesuai ketentuan yang berlaku.
 
"Pengelolaan keuangan desa harus berpedoman kepada aturan dan regulasi yang dibuat pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tata kelola desa lebih baik. Dan para Kades serta perangkatnya bisa lebih memahami peraturan dan regulasi agar terhindar dari masalah hukum," ungkapnya.

Sementara Itu Kasat Intel Kajari Kuansing, Rozi Yulianto,SH  ,mengatakan bahawa acara tersebut bertujuan dalam rangka memberikan penguatan dan pemahaman kepada perangkat desa dalam menjalankan tugasnya sehingga tidak mengalami masalah hukum di kemudian hari.
 
Setelah dilaksanakannya Road Show Rapat Koordinasi dan Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Desa Tahun 2022 ini diharapkan Para Kepala Desa, BPD dan Para Pengurus Bumdes lebih memahami peranan dan tupoksi serta mengerti tentang aspek hukum dalam hal pengelolaan anggaran yang ada di desa, imbuhnya.

Hadir pada acara tersebut,Camat Inuman Arifin,SE ,Kepala Inspektorat Kuansing,Darwin,SH,Kanit Tipikor  Satreskrim Polres Kuansing,IPDA Iwan Butar,Kepala Dinas PMD Kuansing di wakili oleh Kasi Keuangan PMD Fahrurozy,ketua Forum Kades Kuansing Solahudin,kepala desa beserta perangkat sekecamatan Inuman,BPD,Direktur Bumdes,Serta operator desa.

Thanks for reading Road Show Forkades Inuman Tentang penguatan tata kelola desa,dibuka secara resmi oleh camat Inuman | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments