Pekerja Tewas Diterkam Harimau Diduga Lokasi Ilegal Grup Supplier APP Sinarmas

forumriau.com 2.7.21
forumriau.com
Jumat, 02 Juli 2021


Pekerja Tewas Diterkam Harimau Diduga Lokasi Ilegal Grup Supplier APP Sinarmas 

FORUMRIAU.COM - DUMAI : Konflik harimau sebagai hewan dilindungi terjadi di lokasi perkebunan perusahaan grup supplier Sinarmas. BKSDA akan memanggil pihak perusahaan atas kejadian ini. Karena lokasi selama ini dinilai sebagai kawasan hutan landscape habitat harimau Sumatra. 

Kepala Balai BKSDA Riau Suharyono saat dimintai konfirmasi membenarkan lahan konflik itu terjadi di habitat harimau. Bahkan data BKSDA mencatat itu sebagai daerah yang jadi landscape prioritas adalah habitat harimau Sumatera.

"Tempatnya itu berada di habitat landscape prioritas. Itu dari dulu kawasan hutan yang memang rumah harimau," kata Suharyono, Kamis (1/7/2021).

Temuan ini bermula dari kejadian yang dialami warga Dumai di Riau bernama Samino (53), tewas diterkam harimau saat pergi bekerja ke kebun sawit.

Karena insiden itu, Suharyono memastikan akan memanggil pemilik lahan dan semua pihak terkait. Terutama pihak PT Suntara Gajapati sebagai supplier kayu PT APP Sinar Mas Group.

"Lokasi ditemukan jenazah masuk dalam kawasan hutan produksi yang dibebani izin konsesi HTI PT Suntara Gajapati sebagai supplier kayu APP Sinar Mas Group. Lokasi itu merupakan lokasi yang sudah diakses secara ilegal oleh masyarakat untuk kebun kelapa sawit.

Besok kami panggil pemegang HPH untuk sama-sama mencari solusi. Perlu dipahami itu adalah landscape prioritas. Dari kondisi korban, kami berasumsi itu diterkam harimau," katanya.

Tidak hanya itu, di lokasi, petugas juga menemukan banyak jejak harimau. Mulai jejak berukuran besar dan kecil identik jejak harimau Sumatera. Terakhir, Suharyono memastikan petugas sudah memasang camera trap di lokasi konflik.

Sementara itu, kronologi korban Samino diketahui pergi dari rumah di Batu Teritip, Sungai Sembilan, Dumai, pada 25 Juni lalu. Ia pergi bersama rekannya untuk bekerja menyemprot di kebun yang berupa semak belukar.

Setelah Samino dua hari pergi, keluarga tidak pernah mendapat kabar korban. Keluarga pun curiga dan melakukan pencarian hingga akhirnya korban ditemukan tewas di lokasi pada 28 Juni dengan kondisi mengenaskan.***

Sumber : detik.com dengan judul: Pekerja Tewas Diterkam Harimau, BKSDA Riau Bakal Penggil Pemilik Kebun









Thanks for reading Pekerja Tewas Diterkam Harimau Diduga Lokasi Ilegal Grup Supplier APP Sinarmas | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments