Ini Kata Kapolres Terima Hibah Lahan Untuk Kantor Polsek Inuman | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Ini Kata Kapolres Terima Hibah Lahan Untuk Kantor Polsek Inuman


Ini Kata Kapolres Terima Hibah Lahan Untuk Kantor Polsek Inuman


KUANSING - FORUMRIAU.COM : Tim XI percepatan pencarian tanah untuk bangunan kantor Polsek Kecamatan Inuman melakukan kunjungan ke Polres Kuantan Singingi (Kuansing). 


Perwakilan masyarakat Inuman  ini terdiri dari Para penghulu, Forum Kades, Forum BPD dan perwakilan pemuda asal kecamatan Inuman. 


Kunjung ke kantor Polres Kuantan Singingi tersebut didampingi oleh Kapolsek Cerenti AKP G Lumban Toruan. 

Kedatangan masyarakat  asal kecamatan inuman, serta pemerintahan kecamatan inuman ini di sambut langsung oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto S.I.K MM di dampingi oleh kompol Yanuardi SH MH, Kabag sumda di ruangan rapat Polres Kuansing, Selasa 30/03/2021.


Pertemuan yang sangat harmonis ini berlangsung lebih kurang 4 jam. Adapun maksud kedatangan para petinggi tingkat pemerintah kecamatan, desa maupun adat Kecamatan inuman itu tidak lain tidak bukan yakni bersilaturahmi sekaligus menyerahkan dokumen dokumen permohonan pembangunan kantor Polsek di wilayah kecamatan inuman kepada Kapolres Kuantan Singingi.


Camat inuman Arifin SE dalam pertemuan tersebut bersama Kapolres Kuansing itu menyampaikan bahwa masyarakat Inuman sangat menginginkan adanya lahan untuk kantor Polsek sendiri di wilayah mereka. 


 "Pada dasarnya masyarakat Inuman ini memang sudah menginginkan memiliki kantor Kapolsek sendiri di wilayah kecamatan Inuman tidak lagi gabung dengan Polsek Cerenti. Sudah 18 tahun usia kecamatan Inuman sampai hari ini kecamatan inuman belum memiliki kantor Polsek sendiri," ujarnya.


Lanjut camat, pada tahun 2020 dirinya selaku pemerintah di kecamatan Inuman itu mengundang para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, para kepala desa, para ketua BPD dan ASN yang ada di wilayah kecamatan inuman, guna membentuk tim untuk mempercepat pencarian tanah lokasi kantor Polsek Inuman.


Tim ini terbentuk dengan dinamakan Tim XI percepatan pencarian tanah kantor Polsek kecamatan inuman yang diketuai oleh saudara Dr.Trian Zulhadi SE,M,Ec," terang camat.


Sementara itu ketua Tim XI percepatan pencarian tanah Polsek inuman Dr.Trian Zulhadi,SE,M,Ec menyampaikan dengan singkat bahwa perwakilan masyarakat atas nama Tim XI Percepatan pencarian tanah Polsek kecamatan inuman ini menyampaikan rasa syukur atas peran masing-masing. 


"Alhamdulillah lebih kurang hampir 4 bulan kami bisa mengumpulkan dana sebesar Rp .100.000.000. Uang sebesar Rp.100.000.000 ini,.hasil swadaya masyrakat kecamatan inuman baik yang ada di kampung maupun yang ada tanah rantau.


Ini membuktikan keseriusan masyarakat inuman dalam menginginkan kecamatan inuman sudah saatnya dan sudah sangat wajar memiliki kantor Kapolsek sendiri. Maka kami berharap kepada bapak Kapolres kuansing agar bisa menindak lanjuti permohonan kami ini untuk pembangunan kantor Polsek Tersebut," kata Trian.


Disamping  itu Kapolsek Cerenti AKP G Lumban Toruan juga mejelaskan kepada Kapolres kuansing bahwa selama dirinya bertugas diwilayah hukum kecamatan cerenti dan inuman ini, yang selalu menjadi sebutan masyarakat inuman yakni masalah Kantor Kapolsek. 


"Ini adalah suara hati masyarakat inuman, ini adalah impian masyarakat inuman sudah 18 tahun menjadi kecamatan inuman defenitif tapi sampai hari ini belum juga memiliki kantor Kapolsek sendiri.


Selaku Kapolsek cerenti juga menaungi Wilayah kecamatan inuman karna ini adalah suara hati masyrakat inuman tentu saya mendukung penuh keinginan masyarakat inuman. Terkait masalah pembangunan kantor Polsek dikecamatan inuman tidak ada intimidasi dari pihak manapun. Ini murni suara hari masyarakat kecamatan inuman," jelasnya. 


"Sementara jika dibandingkan masalah masalah hukum diantara dua kecamatan ini cerenti dan inuman, lebih tinggi di kecamatan inuman, seperti kasus curanmor, narkoba. Karna itulah sudah sepantasnya pula kecamatan inuman ini memiliki kantor Kapolsek sendiri," ungkap Kapolsek Cerenti.


Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto,S.I.K,MM sangat mengapresiasi semangat juang masyarakat kecamatan inuman ini. Dimana dengan swadaya masyarakat bisa membeli tanah untuk pembangunan kantor Polsek kecamatan inuman,.yang dihibahkan kepada pihak kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini Polres kuansing. 


"Saya selaku Kapolres kuansing mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat inuman sudah bersusah payah untuk mewujudkan impian selama 18 tahun usia kecamatan itu yakni kantor Kapolsek diwilayah kecamatan, ini semangat yang luar biasa, ini patut kita apresiasi," kata Kapolres.


Kapolres kuansing menjelaskan semua dokumen dokumen ini sudah diterima dan akan segera tindak lanjuti melalui Kabag Sumda. 


"Saya berharap agar masyarakat inuman agar bisa bersabar, semuanya ini tentunya ada tahapan tahapan yang harus kita lalui. Semua keputusan ada di Mabes Polri. Saya sangat terharu dengan melihat semangat juang masyarakat inuman seperti ini," tutup Kapolres.


Adapun dokumen dokumen diserah terima antar perwakilan masyarakat adalah Surat permohonan dari TImXI, Surat keterangan ganti rugi (SKGR), poto lokasi tanah, surat dukungan dari urang Godang ompek koto di hilir, surat dukungan dari Forum Kades, surat dukungan forum BPD, surat dukungan dari pemuda pasar inuman dan juga menandatangani surat hibah tanah atas nama masyrakat inuman menghibahkan tanah tersebut kepada kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini Polres Kuansing.


"Nantinya berdasarkan ini semua kita akan membawa dokumen dokumen ini ke badan pertanahan Negara kuansing guna untuk mendapatkan sertifikat tanah Polsek kecamatan inuman ini. Setelah itu baru nantinya kita serahkan ke Mabes Polri melalui Polda Riau. Nanti ada tim yang akan survey lokasi tanah pembangunan kantor Polsek kecamatan inuman ini," terang Kapolres. (Laode)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...