Zat Babi Dalam Mie Samyang Berikut Kata DPR

forumriau.com 18.6.17
forumriau.com
Minggu, 18 Juni 2017
Mie Samyang yang beredar di tengah masyarakat Indonesia mulai menjadi perhatian dari wakil rakyat. Perhatian ini menyusul temuan zat babi yang terdapat dalam mie bermerek Samyang di pasaran. Komisi IX DPRD RI membidangi Kesehatan menanggapi temuan BPOM RI soal zat dalam mie instan tersebut.

FORUMRIAU.COM --  Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menyebut tindakan penarikan produk mi instan diduga haram tersebut sebagai salah satu upaya perlindungan konsumen yang memang semestinya rutin dilakukan. Meski demikian, Saleh memandang produk tersebut dapat dijual di Indonesia dengan catatan.

"Sebetulnya, kalau ada merek yang mengatakan bahwa mi-mi itu mengandung babi, tetap saja boleh dijual, tentu konsumennya adalah non-muslim. Tapi kalau tidak ada labelnya, ini menjadi masalah sebab bisa saja dibeli dan dikonsumsi orang Islam. Ada ketidakjujuran yang dilakukan oleh importirnya," jelas Saleh melalui pesan singkat, dikutip detikcom, Minggu (18/6/2017).

Meski mengapresiasi, Saleh menilai BPOM seharusnya lebih jeli soal mi instan asal Korea ini sedari dulu. Ada semacam kebobolan di sini.

"Waktu mengeluarkan izin, apakah BPOM tidak mengecek ini? Mestinya soal kandungannya juga harus diperiksa. Kenapa setelah masuk ke Indonesia baru kemudian ada temuan seperti ini?" tanyanya heran.

Saleh menjelaskan sebelum izin impor diperoleh oleh produsen, biasanya impotir terlebih dahulu meminta izin kepada berbagai instansi terkait, termasuk kepada BPOM untuk melihat tingkat keamanan pangan. Dia lantas menuntut BPOM untuk menjelaskan soal ini.

"Apresiasi kita pada BPOM tidak mengurangi upaya kita untuk mengoreksi berbagai hal yang dianggap tidak benar. Ini harus betul-betul menjadi perhatian BPOM. Perlu ada penjelasan resmi dari BPOM," tegasnya.
Sebelumnya diberitakan, BPOM meminta penarikan produk mie asal korea karena mengandung fragmen DNA babi. Ada empat produk.

Produk mie itu di antaranya Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen).***

Thanks for reading Zat Babi Dalam Mie Samyang Berikut Kata DPR | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments