VIDEO : Alasan Separatis Papua Tolak Presiden RI Akhirnya Terungkap | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

VIDEO : Alasan Separatis Papua Tolak Presiden RI Akhirnya Terungkap

Kelompok separatis Papua memproklamirkan diri lewat tayangan video yang kini viral di media sosial. Mereka mengutip Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (UUD-45) untuk merdeka. Sedikitnya ada tiga poin yang mereka minta berdasarkan Pembukaan UU 45 itu.

FORUMRIAU.COM - Berdasarkan Pembukaan UUD 45, separatis Papua juga menuntut komitmen Indonesia dalam hal kemerdekaan suatu bangsa. Dari sisi inilah separatis memposisikan diri mereka sebagai bangsa Papua Barat, bukan bangsa Indonesia.

"Kalau kita kembalikan ke UUD 45, bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa--termasuk bangsa Papua Barat--penjajahan di atas dunia--atau Papua ini--harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan," kata pria dalam video yang ditulis bernama Erimbo Enden Wanimbo, Panglima Wilayah VII Lapago.

Pria ini membuka sejarah agreement PBB membuat perjanjian New York 25 tahun lalu untuk melakukan pembinaan, serta pembebasan Papua Barat dan menyebut Indonesia tidak menepati janjinya.

Erimbo menegaskan tiga poin penting alasan mereka menjadi negara mandiri. Pertama adalah Perjanjian atau kesepatan PBB, kedua adalah Menolak Dialog karena telah murujuk UUD 45 dan ketiga Menolak Presiden Republik Indonesia (RI) untuk dipilih di wilayah Papua Barat.

Hebohnya video ini kembali viral di media sosial menyusul tuduhan makar yang kerap dilakukan terhadap tokoh-tokoh muslim di Indonesia beberapa waktu terakhir hingga vonis penistaan agama untuk Basuki Tjahaja Purnama.

Para netizen melamirkan video ini dan melakukan dialog perbandingan tuduan makar yang sebenarnya dilakukan Papua Barat dibanding hanya sekedar tuduhan terhadap tokoh-tokoh nasional dan ulama islam.

VIDEO DEKLARASI TIGA SIKAP PAPUA BARAT :


Meski demikian, belum ada pernyataan resmi pemerintah terutama Presiden Joko Widodo terkait aksi deklarasi Papua Barat menolak Presiden RI melakukan pemilihan di wilayah mereka.(*)

Berita lainnya :
Video Heboh Istri Ahok Sebut Rezim Jokowi Lebih Parah Dari SBY

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: