Heboh, KPK Sogok Saksi Dalam Kasus Akil Mochtar Diungkap

forumriau.com 18.5.17
forumriau.com
Kamis, 18 Mei 2017
Terkait kasus penyiraman Novel Baswedan, polisi memeriksa satu orang saksi lagi. Namun saksi bernama Mico ini diperiksa soal pengakuannya telah menerima sejumlah uang dari penyidik KPK dalam kasus Akil Mochtar dan Muhtar Ependi yang akhirnya masuk penjara.

FORUMRIAU.COM - Polisi membenarkan Mico diperiksa karena pengakuannya di video yang tersebar di media sosial. Dalam video berdurasi hanya 2 menit 40 detik itu, Mico mengaku menerima uang dari penyidik KPK agar memberikan kesaksian palsu dalam kasus Akil Mochtar dan Muhtar Ependi.

Mico meminta maaf kepada pamannya Muhtar Ependy karena ia memberikan keterangan palsu. Ia mengakui kesalahannya saat menjadi saksi terkait kasus Akil Mochtar.

"Nama saya Mico Panji Tirtayasa pada hari ini 1 April 2016, saya minta maaf kepada paman saya Drs Muhtar Ependy MS atas kejahatan saya menjadi saksi palsu dan saksi bohong di KPK," ujar Mico dalam video.

Mico terlihat mengenakan jaket hitam dalam video itu. Dia lalu memperlihatkan sebuah kertas yang diklaim sebagai bukti transfer yang dikirim oleh pihak KPK.

Mico menyebut KPK mengirim sejumlah uang kepadanya melalui rekening istrinya, Andriani Sabara. Mico juga menyebut alamat istrinya berada di Jalan Karang Tengah RT 02 RW 07, Desa Lamajang, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung.

"Ini semua adalah rekening khusus dibuat untuk menerima transfer dari pihak KPK maupun transfer dari Sarimuda Cs maupun Budi Cs untuk pembayaran kami bersaksi bohong di penyidik KPK maupun persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," kata Mico seerti dikutip detikcom.

Dia mengaku menyesal telah memberikan keterangan palsu. Menurutnya, keterangan palsunya itu menyebabkan Muhtar Ependy dan Akil Mochtar masuk penjara.

Dalam video itu, Mico juga mengaku diancam oleh 3 orang apabila tidak memberikan kesaksian palsu. Tiga orang yang disebut Mico adalah Novel Baswedan, Abraham Samad (mantan Ketua KPK) dan Bambang Widjojanto (mantan Wakil Ketua KPK).

"Bilamana pernyataan saya di kemudian hari ada masalah, saya siap mempertanggungjawabkan dan berkata sebenar-benarnya dan sejujurnya di hadapan penyidik maupun di hadapan siapa pun yang berkompeten di bidang hal ini. Agar tidak dikejar dosa besar dan mempenjarakan orang-orang tidak bersalah terutama paman saya pribadi yang membesarkan saya dari dulu hingga sekarang, terima kasih," ujar Mico.

Saat ditunjukkan video tersebut, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkan video testimoni dari M itu yang dijadikan dasar pemeriksaan M.
VIDEO :

"Iya itu (benar videonya)," kata Setyo di gedung PTIK, Jalan Tirtayasa Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/5/2017).***

Thanks for reading Heboh, KPK Sogok Saksi Dalam Kasus Akil Mochtar Diungkap | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments