Aksi Kubur Diri Warga Karawang Tunggu Jokowi

forumriau.com 3.5.17
forumriau.com
Rabu, 03 Mei 2017
Aksi warga kubur diri layaknya sebuah pemakaman masih berlangsung hingga Rabu 3 Mei 2017 ini. Mereka menuntut presiden Joko Widodo (Jokowi) selesaikan sengketa lahan mereka dengan perusahaan.

FORUMRIAU.COM - Warga Telukjambe, Karawang, Jawa Barat ini berkeras untuk meningkatkan aksi mereka hingga Joko Widodo melakukan tindakan konkrit terhadap sengketa lahan mereka itu.

"Hari ini kita kubur diri lima orang, besok sepuluh orang, besok lima belas orang, besok dua puluh orang, sampai Jokowi menemui kita!" ujar salah seorang perwakilan petani Telukjambe, Aris Wiyono di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.

Konflik lahan para warga itu muncul sejak 11Oktober 2016. Sejumlah alat berat turun di lokasi lahan yang akan dibuat pabrik oleh perusahaan. Warga menolak atas eksekusi lahan tersebut. Bahkan terjadi bentrok yang melukai warga dalam proses eksekusi yang melibatkan aparat itu.

Petani serta warga naik pitam setelah buldoser perusahaan meratakan kebun dan tanaman. Seusai eksekusi lahan, sebelas petani menjadi tersangka. Para petani yang kecewa berduyun-duyun meninggalkan tanahnya yang digusur.

Pemerintah Kabupaten Karawang sempat memberikan bantuan berupa tempat tinggal, logistik, dan pendidikan. Namun, menurut Aris, janji itu hanya bertahan selama 1,5 bulan, sehingga mereka kembali melakukan long march dari Karawang ke Jakarta.

Hingga kini, para petani Telukjambe di Jakarta ditampung di kawasan Tanah Abang oleh organisasi Muhammadiyah. Selain Muhammadiyah, pengungsi asal Karawang juga dibantu oleh beberapa organisasi seperti Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung dan Jakarta, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Dompet Dhuafa, dan lainnya. (*) sumber ; tempo

Thanks for reading Aksi Kubur Diri Warga Karawang Tunggu Jokowi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments