Amier Jadi Pelajaran Saksi Agar Tidak Ditolak di Persidangan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Amier Jadi Pelajaran Saksi Agar Tidak Ditolak di Persidangan



Analta Amier ditolak jadi saksi persidangan ke 13 kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Penolakan ini sebagai tertib persidangan dengan alasan bahwa Analta Amier selalu ikut di ruang sidang sejumlah kasus Ahok pada persidangan sebelumnya.

FORUMRIAU.COM: Hal ini jadi pelajaran bagi para saksi yang akan hadir dalam persidangan jika ingin tidak ditolak jaksa dalam bersaksi di persidangan. Dimana, Jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang Ahok ke 13 meminta saksi atas nama Analta Amier tidak bersakasi.

"Beberapa kali saksi hadir di ruang persidangan," kata Ali Mukartono ketua tim jaksa di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017) seperti dikutip tribunnewscom.

Analta pun mengakui kehadirannya di persidangan satu kali.

Dia ingin melihat jalannya persidangan adiknya. Pengacara Ahok kemudian menegaskan, bahwa kehadiran Analta dalam sidang tidak lama. Setelah diperingatkan, Analta langsung keluar.

"Tolong dipertimbangkan yang Mulia kejujuran saksi. Saksi hanya sebentar dan tidak bercakap-cakap dengan saksi lainnya," kata seorang pengacara Ahok. Mendengar kesaksian tersebut, majelis hakim sempat berembuk.

Namun akhirnya Majelis Hakim menegaskan saksi yang belum bersaksi dan hadir dalam persidangan tidak boleh bersaksi lagi.

"Untuk itu keberatan penuntut umum kami terima saksi tak bisa didengarkan keterangan dalam persidangan ini," ujar Ketua Majelis Hakim, Dwiarso Budi Santiarso.

Majelis hakim akhirnya memutuskan saksi tersebut tidak bisa didengarkan keterangannya.

"Karena sudah ada keterangan dari saksi jadi saksi enggak bisa diperiksa. Saya kira kuasa hukum bisa ajukan saksi diluar berkas ini untuk mengganti saksi yang ditolak ini," kata Dwiarso.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: