Spanduk Tolak Sholatkan Penista Agama Marak di Masjid, Ini Kata MUI | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Spanduk Tolak Sholatkan Penista Agama Marak di Masjid, Ini Kata MUI

Dalam sepekan terakhir, masyarakat dihebohkan oleh banyaknya spanduk dipasang di sejumlah masjid di Jakarta. Isi spanduk itu bertuliskan bahwa masjid ini tidak mensholatkan jenazah pendukung penista agama.

FORUMRIAU.COM: Sejumlah spanduk ini sebenarnya sudah marak dipublikasikan oleh netizen di media sosial, terutama di akun facebook.

Dalam media sosial, bahan sejumlah netizen memperkuatnya dengan dalil penegasan bahwa ada larangan melakukan sholat bagi penista agama dan pengikutnya.

Pengumaan spanduk itu juga mendapat tanggapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan pihaknya secara resmi belum mendapatkan informasi soal adanya spanduk tolak salatkan jenazah pendukung dan pembela penista agama ini. Dia berharap itu tidak benar adanya.

Namun, dikatakan Zainut, tidak boleh memvonis keyakinan dan kepercayaan seseorang sepanjang orang tersebut masih memperlihatkan keislamannya. Dia juga mengingatkan soal hukum mengurus jenazah dalam Islam.

"Mengurus jenazah, yang meliputi memandikan, mengkafani, mensalatkan, dan menguburkan, bagi seorang muslim hukumnya fardu kifayah," ujar Zainut saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/2/2017) siang.

"Artinya, jika tidak ada seorang pun yang melaksanakannya, semua orang yang mukim atau bertempat tinggal di daerah tersebut berdosa," sambungnya menegaskan.

Imam meminta umat Islam mengedepankan persaudaraan. Saling pengertian dan tabayun harus diutamakan.

"Perdebatan sementara yang bersifat urusan duniawi jangan dibawa ke akidah, jangan menghilangkan silaturahmi," ujar Imam.(*)
Perlu dibaca:

Mahfud Ungkap UU Untuk Copot Jokowi atau Ahok Dalam Kasusnya

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: