VIDEO: Detik-detik Banjir Bandang di NTB

forumriau.com 21.12.16
forumriau.com
Rabu, 21 Desember 2016
Banjir bandang menimpa daerah Bima dan Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sejumlah rumah terendam banjir akibat luapan air dari hujan lebat.

FORUMRIAU.COM: "Hujan deras yang merata di Bima dan Sumbawa menyebabkan banjir besar di beberapa daerah. Ribuan rumah terendam banjir di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Rabu (21/12/2016)dilansir detikcom .

Sutopo menyebut lima kecamatan di Kota Bima terendam banjir setinggi 1-2 meter meliputi Kecamatan Rasanae, Rasanae Timur, Rasanae Barat dan Punda. Dia juga menerangkan tinggi banjir di wilayah Lewirato, Sadia, Jati Wangi, Melayu, Pena Na'e mencapai 2 meter.

"Di Kabupaten Bima banjir merendam di Desa Maria dan Desa Kambilo Kecamatan Wawo. Data sementara tercatat 25 rumah rusak berat, 5 rumah hanyut, 3 rumah rusak sedang, dan 1 jembatan negara putus," ujar Sutopo.

Selain itu, banjir juga merendam Desa Unter Kroke Kecamatan Unter Iwis Kabupaten Sumbawa. Sutopo menyebut 120 kepala keluarga yang terdiri dari 610 jiwa terdampak banjir.

"1 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 2 jembatan desa putus. Tinggi banjir 1-2 meter," ujarnya.

"BPBD bersama dengan TNI, Polri, SAR, Tagana, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi warga. Pelayanan kesehatan diberikan bagi warga. Kebutuhan mendesak perahu karet, permakanan, selimut, tenda, air bersih, obat-obatan, makanan bayi dan lainnya," imbuh Sutopo.

Sebelumnya, informasi detik-detik terjadinya banjir ini sudah mulai diketahui melalui media sosial. Sejumlah netizen mngupload rekaman video amatir datik-detik terjadinya banjir di wilayah NTB tersebut. Berikut video yang berhasil diunggah oleh netizen.

(*)

Thanks for reading VIDEO: Detik-detik Banjir Bandang di NTB | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments