XSS Bebas dan Mendag Tak Punya Data CV.SB, Netizen Kecam Wakil KPK Laode MS | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

XSS Bebas dan Mendag Tak Punya Data CV.SB, Netizen Kecam Wakil KPK Laode MS

Fakta hukum KPK menangkap Irman Gusman mulai mentah. Tuduhan awal wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif terhadap Irman menerima suap terkait kuota impor gula dinilai keliru.

FORUMRIAU.COM:  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, tak ada importir gula yang statusnya CV.

"Saya pun enggak tahu. Agak kaget juga. Kita urut-urut kok ada CV jadi importir, enggak ada importir CV. Nah mungkin itu adalah bagian dari distribusi tetapi enggak ada itu," kata Enggar di Pasar Tridatu, Lampung Timur, Minggu (18/9/2016).

Menurut Mendag, ada beberapa komoditi yang izinnya keluar dari Kemendag bahkan diawasi langsung. Gula adalah salah satunya.

"Kalau izin impor, ada di Kemdag, dan tidak mungkin bisa ada minta ini untuk Sumbar, ini untuk daerah tertentu, tidak mungkin. Alokasi-alokasi itu tidak ada. Jadi bulog kita tahu dan operasi pasar kita mau minta dengan prioritas Jabodetabek," tutur Enggar dikutip detikcom.

Mendag menegaskan, CV SB milik XSS dan MMI tak terdaftar sebagai importir.

"Dia tidak terdaftar sebagai importir kita. Enggak ada. Saya cek-cek segera malam itu, begitu ada berita saya minta tolong cek apakah yang bersangkutan importir," tegas Mendag.

Sementara itu, Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti menegaskan, hingga saat ini, tidak pernah ada rekomendasi Irman Gusman kepada Bulog.

"Seingat saya sampai saat ini tidak ada rekomendasi dari beliau (Irman Gusman-red)," kata Djarot melalui pesan singkatnya, Ahad (18/9/2016) dirilis republikacoid.

Terlebih, menurutnya, tidak ada kewenangan Irman Gusman sebagai Ketua DPD untuk memberi rekomendasi terkait kuota import gula kepada perusahaan tersebut. Pemberian rekomendasi tersebut kata Djarot, adalah kewenangan Kementerian yang terkait dan juga memiliki syarat dan ketentuannya.

"Rekomendasi importasi gula itu dari kementerian terkait dan kewenangan Bulog hanya melaksanakan sesuai izin dan ekomendasi yang ada," katanya.

Sementara itu, status hukum Xaveriandy Sutanto (XSS) dapat bebas dari tahanan Kejari Padang hingga ke Jakarta rumah dinas Irman, mengundang tanda tanya.

"Saya baru tahu kalau XSS ini adalah orang yang sama dengan tersangka di kasus gula tanpa label SNI yang sedang disidang di PN Padang. Terakhir sudah sampai saksi ahli. Selanjutnya rencananya a de charge. Tapi kalau statusnya jadi tahanan KPK, kita lihat dulu proses sidangnya di sini (Padang) bisa dilanjutkan atau ditunda. Saya koordinasikan dulu dengan berbagai pihak," tukas Amin dikutip harianhaluancom, Sabtu 17/9/2016.

Fakta buram OTT KPK terhadap Irman Gusman ini mulai dapat kecaman masyarakat. Melalui jejaring sosial, netizen mulai meyakini KPK punya kepentingan politis dalam operasi ini. Tidak sedikit netizen meragukan kepemimpin KPK periode sekarang.(*)

Perlu dibaca: HEBOH Fakta Hukum Dijebaknya Irman Gusman via XSS

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: