Kata Siapa Herman Abdullah Orang Ocu dan Raih 7 Adipura? Makanya Baca Sejarah Ini | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Kata Siapa Herman Abdullah Orang Ocu dan Raih 7 Adipura? Makanya Baca Sejarah Ini

Karena tata kelola sampah yang dinilai bertele-tele jaman kepemimpinan walikota Pekanbaru Firdaus MT pada 2016 ini, banyak warga yang kembali menyebut nama Herman Abdullah. Ya, nama sosok yang akrab disingkat Herman ini mulai dibandingkan dengan kepemimpinan Walikota Firdaus MT sekarang.

Kini, warga mengumpat Firdaus MT yang sesumbar dengan kota Madani. Namun kembali mengenang bersihnya kota Bertuah oleh Herman Abdullah di masa lalu. Herman juga dinilai ikut andil medongkrak suara bagi Firdaus MT di masa Pilkada 2011 silam. Tapi ada yang keliru menilai dukungan Herman ke Firdaus karena adanya sentimen daerah sesama orang Ocu (Panggilan lokal warga Kampar).

Kata siapa Herman Abdullah adalah orang Ocu? Pandangan ini keliru! Berikut Profil Herman Abdullah yang dirilis wikipedia, sebagai pejabat Walikota Pekanbaru dua periode sejak 2001 hingga 2011.

Dalam profil itu diterangkan  Drs. H. Herman Abdullah M.M. (lahir di Pekanbaru, 18 Juli 1950; umur 65 tahun) adalah seorang wali kota Pekanbaru, provinsi Riau, Indonesia. Herman Abdullah menjabat selama dua periode sejak tahun 2001 hingga 2011.

Herman Abdullah merupakan putra Minangkabau asal Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Ia memulai kariernya di pemerintahan Kota Pekanbaru sebagai Ketua Bappeda, kemudian menjadi Sekretaris Daerah, dan walikota. Selama kepemimpinannya ia banyak melakukan pembenahan di Pekanbaru.

Antara lain di bidang kebersihan dan tata kota, dimana pada masa pemerintahannya, Pekanbaru berhasil meraih Piala Adipura sebanyak tujuh kali berturut-turut. Selain itu, Herman juga memperoleh Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) beberapa kali.

Herman juga berhasil mengundang investor luar untuk berinvestasi di Pekanbaru. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan pengembang yang mengembangkan proyek propertinya di kota ini. Berkat prestasinya itu, ia banyak mendapatkan penghargaan. Antara lain ialah Satya Lencana Pembangunan Presiden RI pada tahun 2005.

Riwayat pekerjaan:
Walikota Pekanbaru
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru
Ketua Bappeda kota Pekanbaru

Penghargaan:
Penghargaan Upakarti dan Jasa Kepedulian Sektor IKM Presiden RI 2009
Tanda Jasa Bintang Jasa Pratama
Satya Lencana Pembangunan Presiden RI 2005
Satya Lancana Wira Karya dan Bakti Koperasi 2004
Manggala Karya Kencana Presiden RI 2004
Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun Presiden RI 2000

Berdasar profil resmi dari wikipedia ini, tidak benar Herman Abdullah orang Ocu dan membela Firdaus MT karena sesama orang Kampar. Namun istri Herman adalah orang Air Tiris, Kampar, bisa jadi alasan tersebut.

Sedangkan Heman Abdullah sebagai Walikota meraih penghargaan Adipura untuk kebersihan kota Pekanbaru adalah benar adanya.(*)

Perlu Dibaca: Mengenal Sosok Bakal Walikota Pekanbaru Masa Depan

ilustrasi foto:internet
Sumber: wikipedia

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: