Saat Nongkrong di Jembatan"Dua Pelaku Curanmor di kuansing berhasil di amankan polisi

forumriau.com 24.6.22
forumriau.com
Jumat, 24 Juni 2022


FORUMRIAU.COM - KUANSING - Kepolisian Sektor Kuantan  Hilir Polres Kuantan Singingi  berhasil meringkus Pelaku Pencurian motor (curanmor) berinisial Y (19) dan ES (20) yang terjadi di desa pulau kijang kecamatan kuantan hilir.

Kapolsek Kuantan Hilir AKP H. Yuhelmi di dampingi Kanit Reskrim Polsek Kuantan Hilir IPDA Sembiring,Kasi Humas Polres Kuansing  AKP Tapip Usman,SH   menggelar Press Release di halaman Mapolsek Kuantan Hilir, Jum,at 24/6.pagi.

Dalam Press Release yang dilaksanakan, Kapolsek mengungkapkan bahwa kedua pelaku merupakan warga kecamatan kuantan hilir.

"kedua pelaku berhasil di amankan pada hari Senin tanggal 30 Mei 2022 sekira pukul 08:30 Wib.saat itu pihaknya mendapatkan informasi dari unit intelkam bahwa ada seseorang yang di curigai sebagai pelaku tindak pidana curanmor,pada saat itu kedua pelaku sedang nongkrong di jembatan tepatnya di desa banuaran kecamatan kuantan hilir.

Setelah mendapat kan informasi,pihaknya langsung turun ke lokasi,saat itu memang di temui kedua pelaku sedang nongkrong di jembatan,Kanit Reskrim Polsek Kuantan hilir IPDA Sembiring mencoba mendekati kedua pelaku guna memastikan apakah benar itu pelaku nya sesuai dengan ciri ciri yang sudah kita Kantongi.jelas Kapolsek.

Lanjut Kapolsek setelah di lakukan intrograsi di TKP,dan memastikan kalau itu memang pelakunya,kedua pelaku langsung di amankan ke Polsek Guna meminta keterangan lebih lanjut,dan saat kita meminta keterangan lebih lanjut kedua pelaku mengakui bahwa benar kalau kedua nya telah melakukan tindakan pidana curanmor.

Sedangkan untuk motif kedua pelaku,mereka melakukan aksi kejahatan nya pada saat ada keramaian,seperti hiburan malam di desa desa,dan pelaku melakukan aksi nya pada malam hari,kedua tersangka ini selalu memantau  keadaan korban nya sebelum melakukan aksinya.

Adapun barang bukti yang diamankan satu buah unit sepeda motor merek beat streat warna  dasar putih yang telah di rubah menjadi warna hitam. Satu buah linggis yang di gunakan pelaku untuk merusak kunci kontak dan satu buah kunci T yang di gunakan untuk aksi selanjutnya ,dan dari tangan pelaku Y berhasil di amankan sebuah unit HP merek Xiomi A4 warna hitam yang digunakan untuk komnukisasi dengan rekan rekan nya.

Sedangkan barang bukti yang di sita dari pemilik motor yaitu BPKB,STNK dan 3 buah kunci motor bawaan ( asli ).

Kedua pelaku telah menjalani pemeriksaan,dan kasus ini masih dalam penyelidikan dan akan dilakukan proses tahap I pelimpahan berkas kepada Jaksa guna untuk dilakukan penelitian.

Sedangkan pasal yang dikenakan kepada kedua pelaku pasal 363 ayat I,4 dan 5 KHUP dengan ancaman hukuman selama 7 tahun.tutup Kapolsek.

Sementara itu salah satu Pelaku ES ketika di minta keterangan nya,ia mengatakan motif yang dilakukan nya itu ,saat pada malam acara atau hiburan malam ,dengan meminta boncengan 3 kepada korban.

"Iyo kami Tarek tigo Honda tu,setalah Tibo di lokasi acara,kami pura pura jojeng(nari ) , sudah itu kami poi ka parkir Honda tadi,langsung kami ancuan kontak kunci nyo dengan linggis,dan sudah itu kami bawok Honda tu ka tompek longang.ujar ES

Setelah berhasil melarikan Honda ketempat yang sunyi,pelaku langsung melarikan Honda ke desa sigaruntang  kecamatan Inuman,setelah itu mutar Kembali ke Baserah langsung ke pangean untuk mengamankan Honda tersebut. 

Ketika ditanya apakah pelaku masih ada niat untuk melakukan aksi selanjutnya,mereka mengakui masih ada niat untuk melakukan aksi berikut nya.

Kanit Reskrim Polsek Kuantan  Hilir IPDA Sembiring mengatakan, dari pengakuan  kedua pelaku ini belum pernah melakukan aksi kejahatan sebelum nya,ini merupakan aksi pertama kali yang mereka lakukan.
Memang kalau tidak tertangkap,kedua pelaku masih berencana akan melanjutkan aksi nya.sedangkan hasil curian mereka itu hanya untuk di pakai ,bukan untuk di jual.jelas Sembiring.

Disamping itu Kasi Humas Polres Kuansing AKP Tapip Usman,SH mengatakan bahwa kegiatan pres rilis ini merupakan bentuk traparansi pihak kepolisian dalam menangani perkara supaya tidak dinilai tertutup atau menutupi sebuah kasus.
Dan kedua juga menyampaikan perkembangan dalam penanganan kasus curanmor ini.

Thanks for reading Saat Nongkrong di Jembatan"Dua Pelaku Curanmor di kuansing berhasil di amankan polisi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments