Tempat dan Waktu Mubes Ditetapkan, Ketum DPH LAMR Berterima Kasih ke LAMR Kabupaten/Kota

forumriau.com 14.4.22
forumriau.com
Kamis, 14 April 2022

 *Keterangan Foto*:
Suasana rapat persiapan Mubes VIII LAMR di Balai Adat Melayu Riau, Kamis (14/4/2022).            
 

 
FORUMRIAU.COM - PEKANBARU: Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Seri Syahril Abubakar menyampaikan ucapan terima kasih dan setinggi-tinggi penghargaan kepada LAMR Kabupaten/Kota karena Musyawarah Pimpinan (Muspim) LAMR Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Musyawarah Besar (Mubes) LAMR yang digelar di Balai Adat Melayu Riau, 11-12 April 2022, telah berhasil mengambil keputusan menetapkan tempat, tanggal dan waktu pelaksanaan Mubes VIII LAMR.
 
"Kepada LAMR Kabupaten/Kota baik unsur Majelis Kerapatan Adat (MKA) maupun DPH kami menyampaikan ucapan terima kasih dan setinggi-tinggi penghargaan atas keputusan yang telah diambil," kata Datuk Seri Syahril Abubakar, ruang kerjanya, di Balai Adat Melayu Riau, Pekanbaru (14/4/2022).
 
Menurut Datuk Seri Syahril, keputusan yang diambil para pimpinan LAMR Kabupaten/Kota pada forum Muspim LAMR merupakan langkah yang terbaik karena forum Muspim merupakan forum tertinggi sesudah Mubes untuk menetapkan kebijakan umum di LAMR.
 
"Apa yang dilakukan ini merujuk kepada LAMR kabupaten/kota sebagai pemilik suara yang memberi mandat, kepada mereka juga dipersilakan mengambil kebijakan menetapkan waktu, tanggal dan tempat pelaksanaan Mubes LAMR," kata Datuk Seri Syahril.
 
Muspim LAMR Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Mubes LAMR yang dilaksanakan tersebut memutuskan Mubes VIII LAMR akan digelar di Dumai secepat-cepatnya pada 19 April 2022  dan selambat-lambat 15 Mei 2022.
 
Menurut Datuk Seri Syahril, silaturahmi dan pertemuan semuanya sudah dilakukan termasuk pembicaraan dirinya dengan Ketua Umum MKA LAMR Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf sudah dilaksanakan, namun diantara tidak ada satu pandangan.
 
"Beliau menganggap Muspim LAMR yang dilaksanakan baru-baru ini sebagai tidak sah dan minta Muspim dibatalkan. Bagi kami karena ini sudah merupakan suara kabupaten/kota silakan dan kami ikut saja. Kami ini ibarat pelaksana atau mandataris LAMR Kabupaten/Kota sebagai pemilik suara tertinggi, bukan pihak lain," tegas Datuk Seri Syahril.
 
Oleh karena itu, jika ada pihak-pihak yang mengatakan Muspim LAMR yang digelar pada 11-12 April 2022 tersebut tidak sah, itu tidak tepat karena di AD/ART LAMR diatur bahwa forum Muspim ini sebagai forum tertinggi setelah Mubes.
 
"Untuk menetapkan Mubes, lazimnya organisasi apapun termasuk partai politik kalau mau melaksanakan kongres, Munas terlebih dahulu melaksanakan rapat pimpinan," ujar Datuk Seri Syahril.

Menyinggung kesiapan dalam pelaksanaan Mubes VIII LAMR di Dumai yang akan digelar pada tanggal 19-21 April 2022, Datuk Seri Syahril menilai panitia Mubes sudah siap terutama panitia lokal dari LAMR Kota Dumai yang bertanggung jawab menyiapkan tempat, penginapan, dan konsumsi selama Mubes berlangsung.
 
"Hari ini, mereka menggelar rapat persiapan untuk memastikan pelaksanaan perhelatan akbar lima tahunan ini berjalan sukses," kata Datuk Seri Syahril.
 
Datuk Seri Syahril menambahkan selain kesiapan panitia lokal, dari sisi materi juga siap. Terakhir berdasarkan permintaan dari LAMR Kabupaten/Kota agar ada dari mereka dilibatkan dalam penyusunan draft AD/ART berdasarkan keputusan rapat pleno LAMR sebelumnya sudah dimasukkan dan malam ini, mereka sudah mulai membahasnya.
 
Datuk Seri Syahril menepis adanya anggapan segelintir orang yang menganggap Mubes VIII LAMR yang akan digelar pada bulan April 2022 sebagai Mubes LAMR yang dipercepat.
"Hal ini perlu diluruskan, ini bukan Mubes LAMR dipercepat melainkan sudah waktunya Mubes LAMR dilaksanakan. Bahkanb, sebetulnya pada bulan dua lalu," kata Datuk Seri Syahril.
 
Menurut Datuk Seri Syahril, Mubes VII LAMR dilaksanakan pada bulan Mei 2017 sesudah diperpanjang selama tiga bulan karena LAMR waktu itu tidak bisa melaksanakan Mubes tepat waktu pada Februari 2017.
 
"Saat itu, melalui Muspim LAMR yang dilaksanakan sebelum Mubes VII LAMR, dicapai kesepakatan untuk memberikan perpanjangan masa lebih selama tiga bulan untuk mempersiapkan Mubes. Akhirnya, Mubes VII LAMR digelar pada bulan Mei 2017," kata Datuk Seri Syahril.
 
Untuk pelaksanaan Mubes VIII LAMR, karena LAMR siap melaksanakannya maka Mubes VIII LAMR tidak harus dilaksanakan pada bulan Mei 2022.
"Jadi jelas ini bukan Mubes dipercepat. Apa yang terpenting adalah Mubes LAMR tidak dilaksanakan lewat dari tanggal 17 Mei karena masa khidmat kepengurusan LAMR selama lima tahun," jelas Datuk Seri Syahril. ( ril )
 

Thanks for reading Tempat dan Waktu Mubes Ditetapkan, Ketum DPH LAMR Berterima Kasih ke LAMR Kabupaten/Kota | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Tempat dan Waktu Mubes Ditetapkan, Ketum DPH LAMR Berterima Kasih ke LAMR Kabupaten/Kota