Mewakili Gubri, Kabiro Kesra Provinsi Riau Hadir Peresmian Kantor YPMR | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Mewakili Gubri, Kabiro Kesra Provinsi Riau Hadir Peresmian Kantor YPMR

YPMR buka kantor pembinaan dan unit usaha Tour and Travel untuk para muallaf

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU , Yayasan Pembinaan Muallaf Riau melaksanakan pembukaan kantor yayasan di jalan Parit Indah Ujung, Selasa (09/11/21).

Pembukaan kantor Yayasan Pembinaan Muallaf Riau ini dihadiri oleh Kabiro Kesra Provinsi Riau Zulkifli Syukur mewakili Gubernur Riau yang berhalangan hadir sekaligus meresmikan pembukaan kantor yayasan dan PT. Sahabat Dua Arah, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kementerian Agama Ri Provinsi Riau, Pengurus DMI, dan seluruh pengurus, pembina YPMR dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, ketua Yayasan Pembinaan Muallaf Riau Muhammad Gohan menjelaskan tentang sejarah Yayasan Pembinaan Muallaf Riau atau disingkat dengan YPMR secara singkat dimana dulunya Yayasan Pembinaan Muallaf Riau ini sebelumnya bernama Yayasan Pembinaan Muallaf Risalah. Namun setelah pembahasan lebih lanjut dengan pengurus lainnya maka disepakati menjadi Yayasan Pembinaan Muallaf Riau. 

" YPMR berdiri sejak tahun 2014 di Kabupaten Pelalawan sampai sekarang sudah mengislamkan sebanyak 550 orang. Dari kegiatannya ini, YPMR kemudian terdengar gaungnya di seluruh kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Riau. Dari sinilah kemudian teman-teman YPMR kemudian mempunyai pemikiran bagaimana kalau YPMR jangan hanya di Pelalawan saja tapi bisa terbentuk di seluruh kabupaten kota di Riau". Ujar Gohan

" Dari usulan tersebut, 2 tahun yang lalu(2019-red) di Masjid Agung Annur, pengurus YPMR mengubah akta yayasan yang semula singkatan R adalah Risalah berubah menjadi Riau. Secara singkatan sama namun secara kepanjangan berbeda".

Dikukuhkan pada tahun 2019,  Oleh Bapak Wakil Gubernur Riau, YPMR belum memiliki kantor yang tetap dan untuk sementara menumpang kantornya di Masjid Alhijrah di dekat Labersa sehingga seluruh administrasi para muallaf difokuskan di Masjid tersebut. Para muallaf untuk sementara dititipkan di dua tempat. Untuk muallaf pria berada di sekitar Masjid, sedangkan untuk muallaf wanita dititipkan di rumah singgah muallaf jalan srikandi.

Gohan " melanjutkan bahwa berkat istiqomah dan kerja keras para pengurus selama dua tahun ini, YPMR mendapat bantuan dana dari Arab Saudi berupa paket bangunan pesantren dan saat ini pesantren yang dibangun sudah 70 persen, dan juga dapat bantuan dana untuk pembangunan Masjid, asrama, kelas, kantor dan perumahan ustadz sebanyak tiga unit".

Untuk pembangunan Masjid sudah siap 100 persen dan Insya Allah Jumat besok(12/11/21) merupakan sholat Jumat perdana di Masjid tersebut.

Dimana lokasinya berada di Pangkalan Kerinci. Dan karena YPMR didirikan awalnya di Pangkalan Kerinci maka YPMR diamanahkan tanah wakaf disana. Dan tanah wakaf inilah kita bangun pondok pesantren dan lainnya dengan tujuan utama menjadi pusat pembinaan muallaf pesantren disana. Adapun salah satu pembinaan muallaf pesantren yang dilakukan oleh YPMR adalah dengan membuka Sekolah Da'i Muallaf selama 2 tahun setelah mereka lulus maka YPMR akan merekomendasikan para muallaf ini untuk melanjutkan studinya ke timur tengah. Semuanya akan di fasilitasi oleh YPMR dengan program sekolah da'i muallaf 2 tahun.

Untuk pembukaannya akan dijadwalkan pada bulan Februari 2022 dengan dihadiri langsung oleh kedutaan besar arab saudi, para donatur dari arab saudi, dan juga diharapkan Gubernur Riau dan pejabat teras provinsi Riau juga dapat hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Program dari YPMR, antara lain : Pelayanan pengislaman muallaf, Pembinaan wajib selama 3 bulan sebelum pernikahan, Pembinaan muallaf lanjutan, pembinaan ekonomi muallaf dan Pembinaan Muallaf berkualitas ke Pondok pesantren yang sudah dibangun oleh YPMR di Pangkalan Kerinci.

Ustadz Muhammad Gohan juga menjelaskan untuk membiayai program YPMR, yayasan membuka unit-unit usaha. Salah satu unit usaha yang dibuka yakni Pelayanan haji khusus, umroh dan wisata halal dengan PT. Sahabat Dua Arah (Sadar Group).

Dalam mengislamkan tentunya ada biaya-biaya yang akan dikeluarkan apalagi setelah masuk islam para secara sosial kebanyakan akan diusir oleh keluarganya, diberhentikan dari pekerjaannya dan berbagai alasan lainnya. Untuk itu, YPMR membuat unit usaha untuk membantu muallaf mulai dari pengislamannya, ekonominya dan juga pembinaannya. Beberapa program dalam pengislaman tersebut, YPMR membuat Paket Syahadat, dimana muallaf akan diberikan fasilitas khitanan, pemberian pakaian, dan lainnya dengan biaya bantuan yang disiapkan oleh YPMR sebesar satu juta rupiah.

Sedangkan dalam pembinaan, YPMR membuat program pengajian untuk muallaf dimana mereka setiap datang ke pengajian akan diberi uang saku  sebesar 50 ribu rupiah.

Masih banyak lagi program YPMR yang sudah dijalankan untuk pembinaan Muallaf dan akan dipusat di kantor baru YPMR ini sehingga akan dapat melaksanakan pelayanan muallaf satu pintu dan semuanya tentu perlu dukungan dari pemerintah provinsi Riau, Kemenag RI Riau dan juga semua lapisan masyarakat.

Karo Kesra Provinsi Riau Zulkifli Syukur yang mewakili Gubernur Riau mengatakan bahwa Pemrov Riau sangat mendukung program yang dilakukan oleh YPMR dalam pembinaan muallaf yang ada di Provinsi Riau. Zulkifli Syukur juga menyatakan akan berkoordinasi dengan Baznas Provinsi Riau intuk dapat membantu terlaksananya program yang dijalankan oleh YPMR dalam pembinaan muallaf.

Direktur PT.Sahabat Dua Arah, Muhammad Dani Abdullah menjelaskan bahwa Sahabat Dua Arah (Sadar Group) merupakan salah satu unit usaha dari Yayasan Pembinaan Muallaf Riau yang bergerak dibidang Pelayanan Haji, Umroh dan Wisata Halal. Untuk kantor pusatnya berada di Medan dan Sadar Group sudah bekerja sama dengan stakeholder yang ada ditimur tengah mulai dari biro keberangkatan, hotel, catering jamaah sampai ke wisata halalnya juga dipersiapkan oleh unit usaha YPMR ini. 

Dan yang tak kalah pentingnya lagi dan ini yang menjadi keunggulan dari Sadar Grup adalah adanya dua manfaat yang akan diperoleh oleh jamaah yg berwisata rohani disini adalah selain mendapatkan nilai ibadah, juga mereka mendapatkan nilai sedekah karena secara tidak langsung mereka ikut serta dalam pembinaan muallaf yang menggantungkan dirinya dari unit usaha yang dibentuk oleh YPMR ini.

Muhammad dani juga menjelaskan berkenaan dengan wisata halal merupakan tujuan nya halal dan juga destinasi wisatanya juga bukan sekedar kunjungan saja tapi juga dilakukan pembinaan kepada para peserta. Daerah tidak menjadi masalah, walaupun destinasi wisatanya ke Bali karena nilai pembinaannya yang paling penting dilakukan pada saat menjalani destinasi wisata halal ini.

Direktur utama Sadar Group juga menjelaskan program unggulan yang dimiliki adalah program haji dan umroh. yaitu Program Haji Furoda dimana dalam program ini, Sadar Group bekerjasama dengan kerajaan untuk memperoleh visa. Jadi visa ini berlaku bila jamaah daftar haji tahun ini maka akan berangkat tahun ini juga. Inilah salah satu keunggulan program Haji Furoda yang ditawarkan oleh Sahabat Dua Arah. Mengapa hal itu bisa dilakukan oleh Sahabat Dua Arah, karena merupakan bagian dari provider Global Provider Indonesia.

Sedangkan untuk pelaksanaan umroh,  dilakukan oleh tim Sahabat Dua Arah yang terdiri dari para pelajar dan mahasiswa serta para pekerja yang memiliki nilai pendidikan yang kuat disana. Ada dari Mesir dan beberapa negara lainnya yang bertugas sebagai pembina atau muthowwis di Timur Tengah.

Sadar Group sudah memiliki kantor cabang di berbagai daerah seperti, di  Medan, Riau dan Jakarta dan cabang-cabang kabupaten kurang lebih 16 kantor dan Insya Allah di tahun 2023 akan perkembangannya akan mencapai 47 kantor cabang.

Muhammad Dani juga menjelaskan untuk biaya pemberangkatan Haji dan Umroh tidak jauh berbeda dengan Biro lainnya namun hanya pelayanan dan pembinaannya di Sahabat Dua Arah ini Jamaah akan memperoleh nya secara maksimal. ( rilis )

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :