Polsek Cirenti Gelar Razia, Penambang Emas Tanpa Izin Kocar Kacir Lari Kehutan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Polsek Cirenti Gelar Razia, Penambang Emas Tanpa Izin Kocar Kacir Lari Kehutan

Pekerja Tambang Emas Diriau melarikan diri ke Hutan"Saat Polisi Lakukan Razia Preventif aktifitas Peti.


FORUMRIAU.COM - KUANSING, Kapolsek Cerenti AKP Wan Mantazaka, SH bersama Personil terjun langsung melakukan penindakan pelaku Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di wilayah hukum Polsek Cerenti Rabu, 29 September 2021, sekira jam 13.00 wib. 

Hampir tidak ada ruang bagi penambang emas tampa izin ( PETI ) diwilayah hukum polres kuantan singingi.Kapolsek beserta anggota melaksanakan giat preventif terhadap aktivitas PETI dengan Melakukan giat patroli ke Desa Ketaping Jaya, team patroli mendapat laporan dari masyarakat setempat,, bahwa masih ada aktivitas PETI di lokasi yang cukup jauh, tepatnya di wilayah Dusun 3, Desa Ketaping Jaya, Kec. Inuman," ujar Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata,SIK M.Si melalui Kapolsek Cerenti Wan Mantazaka,SH kepada wartawan.

Pada Giat preventif  terhadap aktivitas Peti yang di pimpin langsung  oleh Kapolsek Cerenti Wan Mantazaka,SH yang di dampingi Personil Polsek Cerenti yakni Kanit Res Polsek Cerenti Aipda Erwin, S.Kom, M.H, Kasium Polsek Bripka Dendi, dan 9 orang personil. Polsek Cerenti lainnya.

Dikatakan Kapolsek lokasi tersebut, selama ini belum pernah tersentuh giat patroli, mengingat lokasi yang sangat jauh, dari Mapolsek dengan menggunakan Kendaraan Bermotor   Roda 2 ditempuh dalam waktu lebih kurang 1,5 jam.

Sampai dilokasi, katanya terdapat hamparan luas dan terbuka, team menemukan adanya 15 rakit dompeng yang diduga sebagai alat melakukan aktifitas peti, 6 unit diantaranya dalam keadaan beroperasi sedangkan 9 unit dalam keadaan standby (tidak beroperasi).

Karena mengetahui kedatangan petugas tiba di TKP, para pelaku dompeng langsung melarikan diri kearah hutan dan areal kebun sekitar lokasi dompeng.

Barang bukti berupa 15 unit rakit PETI dan mesin dompeng dilakukan pemusnahan dengan cara merusak mesin dompeng agar tidak dapat dipergunakan kembali. memusnahkan rakit PETI," kata Kapolsek.

Kemudian Petugas dapat mengamankan Barang bukti berupa 15 unit filter Oli, 15 unit filter solar.

Untuk tidak terulang lagi, dilokasi Petugas Polsek Cerenti memasang spanduk tentang himbau larangan aktivitas PETI.

Selama melakukan giat beberapa hal yang menjadi hambatan petugas di lapangan yakni Jalan menuju lokasi hanya bisa ditempuh dengan kendaran khusus Roda 2 jenis tracker dan berjalan kali.

Lokasi merupakan area terbuka, hamparan luas sehingga kehadiran team mudah diketahui dari jarak jauh oleh pelaku aktivitas PETI.

Kegiatan berakhir jam 16.30 wib,, situasi aman terkendali, seluruh pers yg terlibat dlm keadaan baik dan sehat.

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :