Karena Sendal Jepit Warga Ditolak Urus KTP di Pekanbaru | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Karena Sendal Jepit Warga Ditolak Urus KTP di Pekanbaru



Karena Sendal Jepit Warga Ditolak Urus KTP di Pekanbaru  

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU : Mal Pelayanan Publik atau MPP Pekanbaru menolak warga untuk mengurus administrasi kependudukan jika pakai sendal jepit. Hal ini dapat dilihat di papan pengumuman pintu masuk di gedung MPP khusus Disdukcapil Kota Pekanbaru. 

Dari lokasi, Rabu, 22/9/2021, tidak sedikit warga yang ditahan dan ditolak masuk oleh Polisi Pamong Praja yang bertugas berjaga di pintu masuk MPP Disdukcapil Kota Pekanbaru tersebut. 

"Ini sudah aturan pak, tidak bisa masuk kalau pakai sendal jepit," kata petugas dari satpol PP sambil menunjuk papan pengumuman di pintu masuk. 

Banyak warga yang tidak tahu aturan ini akhirnya menelan kecewa. Jika mereka balik untuk harus pakai sepatu akan menguras tenaga, waktu, biaya dan kerugian lainnya jika mereka sedang bekerja. 

Seorang warga yang tidak disebutkan namanya mengatakan, aturan sendal jepit ini sangat merugikan warga. Karena mereka tahu selama ini Disdukcapil tidak melarang orang mengurus administrasi kependudukan mereka meskipun pakai sendal jepit. 


"Apa dampak buruknya jika pakai sendal jepit? Kan tidak semua warga mampu beli sepatu. Ini aturan sudah menolak aturan hak warga negara yang lebih tinggi tentang Kependudukan. Jika diminta berpakaian sopan itu dapat diterima. Tapi sendal jepit ini ngga nyambung," kata warga yang tidak disebut namanya. 


Menurutnya, aturan masuk layanan publik yang melarang pakai  sendal jepit tersebut dinilai tidak manusiawi dan diluar kaedah layanan publik yang sesungguhnya. 

"Di daerah lain, layanan administrasi kependudukan ini malah sudah ada yang diantar jemput pintu ke pintu rumah warga oleh petugas pemerintah mereka. Di Pekanbaru kok dipersulit kesannya? Apakah pejabat di sini tidak pernah belajar ke daerah lain soal ini?" tambah warga balik bertanya. 


Saat keluhan warga tersebut dikonfirmasi ke Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita oleh wartawan, belum ada jawaban. Panggilan WA tidak diangkat dan pesan konfirmasi cuma dibaca tanpa dijawab.*** 

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :