Bantuan Kamapan, Danlanud Rsn Apresiasi Walikota Pekanbaru

forumriau.com 15.12.20
forumriau.com
Selasa, 15 Desember 2020

Bantuan Kamapan, Danlanud Rsn  Apresiasi Walikota Pekanbaru

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU,-Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S T.,M.M., apresiasi inisiatif Pemda  Pekanbaru memberikan bantuan Kawasan Mandiri Pangan (Kamapan) tahun 2020 untuk Kelompok Tani Mustang I Binaan Lanud Roesmin Nurjadin tempat di Kebun Mustang Lanud Rsn Pekanbaru, Senin (14/12/2020).

Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus ,S.T.,M.T., yang diwakili Wakil Walikota H.Ayat Cahyadi,S.Si., menyerahkan secara simbolis bantuan Kamapan kepada Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, kemudian Danlanud Ran menyerahkan kepada Ketua Kelompok Tani Mustang 1, bantuan ini dalam rangka optimalisasi pengembangan kawasan mandiri pangan.

Mengawali kegiatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alek Kurniawan,S.P.,M.Si., melaporkan, saat ini  kontribusi besar dalam proyek pembangunan pertanian melalui saluran irigasi pengenalan pupuk kimia dan pestisida dan padi untuk meningkatkan produksi beras nasional, beberapa tahun terakhir ini TNI juga sudah terlibat dalam upaya khusus untuk meningkatkan produksi pangan dengan ditandatanganinya MOU antara TNI dan Kementerian Pertanian pada tahun 2015 pada tahun 2015 hingga 2018.  Menandatangani kontrak kerjasama dengan TNI hal ini dengan jelas menunjukkan bahwa keamanan pangan juga merupakan bagian dari pertahanan negara dan dalam rangka menjaga stabilitas nasional di sinilah posisi strategis TNI dalam ketahanan pangan. 

"Laporan penyerahan bantuan pertanian pada hari ini yaitu. pengembangan kawasan mandiri pangan atau yang lebih disingkat dengan Kamapan tahun 2020",kata Alek

Dia mengatakan, jumlah penerima manfaat untuk kamapan tahun ini sebanyak 15 kelompok tani yang ada di kota Pekanbaru dan salah satunya adalah kelompok tani Mustang 1 binaan Lanud Rusmin Nurjadin.

"Paket bantuan stimulus yang diberikan yaitu belanja bibit tanaman  jagung , tomat, cabe, kangkung, pupuk kimia  dan sejenisnya, pupuk kandang, pupuk urea, pupuk NPK, fungisida, insektisida, dolomit serta
pendukung lainnya seperti tanah hitam, polybag, polybag ,mulsa, rumah bibit, ada juga kandang ayam dan bibit ayam kampung serta waterflog dan bibit ikan lele",papar Alek.

Ditempat yang sama, Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Wakil Walikota Pekanbaru mengatakan, para petani harus produktif walaupun di tengah Pandemi Covid-19. Para petani yang menerima bantuan ini saya minta untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga kemudian hasilnya bisa maksimal hingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani, bantuan ini adalah bantuan dana insentif yang didapatkan dari pemerintah kota Pekanbaru. 

"Semangat para petani kita di Pekanbaru luar biasa hanya memang kendala petani pertama adalah lahan dan yang kedua kadang-kadang pemasaran, H.Ayat Cahjadi, S.Si  berpesan agar Pak Alex  Kadis Ketahanan Pangan dapat  membantu petani-petani  dalam memasarkan hasil pertanian nya.

Selanjutnya Komandan Lanud Rusmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, saya selaku Komandan Lanud Ran beserta keluarga besar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah kota Pekanbaru yang sudah berkenan datang ke sini dan memberikan bantuan kepada kelompok tani binaan kami Mustang dalam program Kawasan  Mandiri Pangan tahun 2020.

"Bantuan ini dapat kami manfaatkan untuk kemajuan kebun Mustang dan meningkatkan ketahanan pangan yang berkualitas, perlu kami sampaikan bahwa kelompok tani Mustang ada 3, Mustang 1,2 dan 3, agar bisa mereka  mendapatkan bantuan yang sama",ungkap Ronny 

Orang no.1 dijajaran Lanud Rsn, dia mengatakan, bahwa kami juga berharap dan berusaha dengan bantuan yang diberikan ini akan kita manfaatkan sebaik mungkin dalam  meningkatkan hasil panen yang lebih berlimpah dengan bantuan pupuk maupun pelatihan dan penyuluhan dari petugas lapangan yang telah disiapkan oleh pemerintah kota Pekanbaru. Melalui  kelompok tani kami dan kelompok tani lainnya di kota Pekanbaru, sehingga kita semua dapat membangun ketahanan pangan kota Pekanbaru yang lebih baik.

Setelah kegiatan penyerahan bantuan Kamapan dan foto bersama dilanjutkan peninjauan ketahanan pangan kebun Mustang Lanud Rsn.

Nampak hadir, Danwing 6 Kolonel Pnb Setyawan, Kadispres Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, Kabinpotdirga Letkol Kes R. Novita Sinaga, SKM, Kapen Letkol Sus M.Zukri,S.Ag, sedangkan dijajaran Pemko Kota Pekanbaru turut hadir Sekretaris Dinas Pertanian Kota Pekanbaru drh.H .Muh. Firdaus, M.Si , Kabid. Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Kota Pekanbaru Dayana, S.E. , Koordinator  BPP Tampan Rina Fitri, SP ,  PPL  Maharatu Delwita, SP dan pejabat lainya.

Kegiatan berjalan lancar dan aman.

Thanks for reading Bantuan Kamapan, Danlanud Rsn Apresiasi Walikota Pekanbaru | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments