Kata Siapa Bupati Bengkalis Amril Mukminin Ditahan KPK?

forumriau.com 6.2.20
forumriau.com
Kamis, 06 Februari 2020
Kata Siapa Bupati Bengkalis Amril Mukminin Ditahan KPK? 

FORUMRIAU.COM - Pekanbaru : Masyarakat provinsi Riau dihebohkan oleh pemberitaan penahanan kepala daerah Kabupaten Bengkalis, Amril Mukminin, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis 6/2/2020.

Kehebohan, terutama di media sosial menampilkan foto serta keterangan penahanan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin tersebut oleh KPK, menyusul agenda Pilkada kabupaten Bengkalis 2020.

Kata Siapa Bupati Bengkalis Amril Mukminin Ditahan KPK?

Berita penahanan Amril Mukminin tersebut dibenarkan oleh penyidik KPK.

 "Penyidikmelakukan penahanan selama 20 hari," kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (6/2).

Dikutip dari kumparan, Amril keluar dari Gedung Merah Putih KPK pukul 19.54 WIB dengan mengenakan borgol dan rompi oranye. Saat keluar, dia enggan berkomentar mengenai kasusnya.

Ali menyebut Amril ditahan di Rutan Klas 1 Jakarta Timur Cabang KPK.

Latar Belakang Kasus

Proyek pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning (multi years) yang menjerat Amril merupakan salah satu dari enam paket pekerjaan jalan di Kabupaten Bengkalis tahun 2012 dengan nilai anggaran Rp 537,33 miliar.

Proyek ini sempat dimenangkan oleh PT CGA, namun dibatalkan oleh Dinas PU Kabupaten Bengkalis. Sebab PT CGA diisukan masuk daftar hitam Bank Dunia. Atas pembatalan itu, PT CGA pun menerima Surat Pembatalan Penyedia Barang dan Jasa (SPPBJ).

Namun pada tingkat kasasi, Juni 2015, Mahkamah Agung memutuskan PT CGA memenangkan gugatan dan berhak melanjutkan proyek tersebut. Februari 2016, sebelum Amril menjadi Bupati Bengkalis, diduga ia telah menerima Rp 2,5 miliar untuk memuluskan anggaran proyek.

Setelah Amril menjadi Bupati Bengkalis, diduga terjadi pertemuan antara perwakilan PT CGA dengan Amril. Dalam pertemuan tersebut, PT CGA diduga meminta tindak lanjut Amril terkait proyek agar bisa segera tanda tangan kontrak. Amril pun menyanggupi untuk membantunya.***

Thanks for reading Kata Siapa Bupati Bengkalis Amril Mukminin Ditahan KPK? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments