Wah Jika Air Kelapa Muda Untuk Berbuka Ini Kata Ahlinya | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Wah Jika Air Kelapa Muda Untuk Berbuka Ini Kata Ahlinya

Dalam bulan ramadhan, setiap orang diliburkan makan dan minum sepanjang siangnya. Menahan makan dan minuman ini sekitar 12 jam sejak subuh hingga waktu mahgrib tiba. Berbuka puasa layaknya menunggu sesuatu yang sangat istimewa.

Sepanjang hari pada waktu puasa dipastikan tubuh akan kurang nutrisi dan cairan karena libur untuk makan dan minum sepanjang siangnya.

Untuk itu, banyak minuman dan makanan yang baik diminum supaya berbuka puasanya bermanfaat langsung pada tubuh.

Salah satu menu buka puasa yang paling lumrah adalah air minum pelepas dahaga. Berbagai macam jenis minuman layaknya teh manis, segar dingin, atau hanya sekedar air putih hangat dengan beberapa buah kurma.

Jika buah kurma seperti yang dianjurkan untuk berbuka susah mendapatkannya, ada baiknya berbuka dengan buah yang juga mudah didapat di daerah Indonesia.

Tahukah anda jika buah kelapa dengan airnya sangat kaya akan nutrisi bagi tubuh kita yang sedang kekurangan air (dehidrasi) selama satu hari penuh berpuasa.

Cukup banyak orang yang memilih untuk berbuka puasa dengan air kelapa muda karena bisa memberikan sensasi menyegarkan dan cepat menghilangkan dahaga.

Daging buah kelapa pada minuman ini juga bisa menjadi pengganjal perut setelah seharian tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun.

Tak hanya menyegarkan, pakar kesehatan menyebutkan jika berbuka puasa dengan air kelapa muda ternyata bisa memberikan banyak kebaikan bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

Dr. Tirta Prawira Sari, MSc, SpGK yang berasal dari Yayasan Gema Sadar Gizi menyebutkan jika air kelapa muda memang bisa mengatasi dehidrasi dengan efektif.

Sebagaimana diketahui, karena tidak mengkonsumsi minuman apapun dalam waktu yang lama, kita bisa mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Selain bisa mengembalikan cairan tubuh, air kelapa muda juga bisa menyediakan berbagai elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

Saat terkena dehidrasi, ada baiknya memang kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan elektrolit layaknya air kelapa, kurma, jus jeruk, atau buah apel.

Air kelapa sendiri ternyata memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga cukup baik untuk dikonsumsi saat merasa haus.

Hanya saja, bagi penderita gagal ginjal, ada baiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan elektrolit tersebut karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatannya.

Mengapa sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang kaya elektrolit seperti air kelapa muda saat berbuka puasa?

Pakar kesehatan menyebutkan jika elektrolit sangat dibutuhkan bagi sel-sel tubuh, khususnya yang ada pada saraf, otot, dan jantung.

Dengan adanya elektrolit ini, maka tegangan aliran listrik di antara sel membran yang membawa impuls listrik untuk keperluan sinyal saraf atau kontraksi otot antar sel bisa tetap terjaga dengan baik.

Supaya mendapatkan manfaat yang maksimal dari air kelapa muda ini saat berbuka puasa, ada baiknya tidak menambahkan gula atau sirup. Lagipula, air kelapa muda tanpa tambahan apapun sudah sangat enak untuk diminum.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: