Mendagri : KTP Elektronik Tak Perlu Diaktivasi Kembali | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Mendagri : KTP Elektronik Tak Perlu Diaktivasi Kembali

E-KTP atau Elektronik Kartu Tanda Penduduk Indonesia yang telah dimiliki warga tidak perlu lagi melakukan aktivasi kembali. Pernyataan ini menyusul adanya informasi yang beredar di media sosial soal tidak berlakunya lagi E-KTP yang sudah ada sehingga perlu aktivasi kembali E-KTP.

FORUMRIAU.COM - Untuk itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merasa perlu meluruskan adanya berita tersebut.

"Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah melakukan pencermatan terhadap berita tersebut dan kami pastikan bahwa berita tersebut bukan bersumber dari Kemendagri dan Dukcapil dan mengandung banyak kebohongan," ujar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/5/2017) dirilis detikcom.

e-KTP yang ada 'habis masa berlaku'nya yang dicetak sebelum tahun 2013, tak perlu diaktivasi atau diperpanjang lagi. Mengacu pada Pasal 101 huruf c UU nomor 24 tahun 2013 tentang Adminduk, e-KTP yang diterbitkan sebelum 2013 pun ditetapkan berlaku seumur hidup.

"Sesuai pasal 101 huruf c, UU 24/2013 tentang Adminduk, menegaskan bahwa e-KTP yang sudah diterbitkan sebelum undang-undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup," kata Tjahyo.

Jadi, meskipun e-KTP sudah melewati masa berlaku, tidak perlu lagi dilakukan aktivasi. Pengambilan data untuk e-KTP dilakukan sekali ketika membuat e-KTP. Pengumuman dan selebaran akan disebar ke seluruh masyarakat.

"Ditjen Dukcapil Kemendagri akan menyiapkan edaran dan press release untuk disampaikan dan memecah hal ini meluas dan merugikan masyarakat," tutup Tjahjo.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: