Inilah Penggerak Ahokers Kumpul KTP Jaminan Bagi Ahok

forumriau.com 10.5.17
forumriau.com
Rabu, 10 Mei 2017
Vonis dua tahun serta perintah langsung penahanan untuk terpidana penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, telah mendapat reaksi dari pendukungnya yang akrab disebut Ahokers selama ini. Reaksi itu menuntut penangguhan penahanan Ahok dengan melakukan jaminan. Massa ini kian ramai melakukan orasi dan mengumpulkan tanda tangan dukungan penangguhan tahanan tersebut.

FORUMRIAU.COM - Orang yang di belakang pengumulan tandatangan dukungan penangguhan tahanan Ahok itu salah satunya adalah Susy.

Ditemui usai acara menyanyikan lagu-lagu nasional yang dipimpin oleh Addie MS, Susy mengatakan ia dan teman-temannya sempat kaget mendengar kabar penahanan Ahok dengan vonis hukuman dua tahun penjara.

"Beliau kan orang kerja, terbukti kerjanya bagus, kok dianggap kriminal dan dianggap kaya mau kabur sampai harus ditahan segera. Itulah yang menggerakkan teman-teman untuk memberikan penjaminan untuk penahanan luar Pak Ahok," ujar Susy saat ditemui wartawan republika di Balai Kota, Rabu (10/5/2017).

Ia dan sejumlah teman-teman kemudian berinisiatif mengumpulkan fotokopi KTP dan tanda tangan asli warga DKI Jakarta sebagai dukungan pada Ahok. Warga sangat antusias dan mengumpulkan KTP

"Yang mau kasih KTP banyak tapi harus terkendala tanda tangan asli," katanya.

Susy kemudian mengaku pengumpulan foto kopi KTP ini tanpa sepengetahuan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. "Belum, kita nggak ada koordinasi. Ini ide spontan buat kumpulin," ujarnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Tjandra Srijaya tak ambil pusing dengan dukungan para warga yang lewat pengumpulan fotokopi KTP.

"Kami tidak melihat itu positif atau tidak. Itu di luar putusan kami, tapi yang jelas terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan jaksa dan karutan (kepala rutan) tentunya kami akan melaporkan hal ini ke Komnas HAM karena telah terjadi perbuatan melawan hukum, merampas hak asasi Pak Ahok pada jeda putusan diputus sampai jam delapan malam terbitnya penetapan penahanan," ujar Tjandra.

Tjandra selanjutnya mengatakan jaminan dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat serta tokoh masyarakat seperti pimpinan partai maupun dari para pemuka masyarakat sudah cukup.

"Jaminan kan sudah diberikan kepada Pak Djarot juga tokoh-tokoh masyarakat yang lain, baik dari pimpinan partai maupun dari para pemuka masyarakat, saya rasa cukup tentunya. Di selama persidangan mestinya hakim kan melihat Pak Ahok itu sangat kooperatif dan itu sudah diucapkan dalam pertimbangannya sehingga penahanan ini sendiri menimbulkan keanehan," katanya.(*)

Thanks for reading Inilah Penggerak Ahokers Kumpul KTP Jaminan Bagi Ahok | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments