Fokus Bantu Dana Desa, IAI Wilayah Riau Dikukuhkan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Fokus Bantu Dana Desa, IAI Wilayah Riau Dikukuhkan

Ikatan Ankuntan Indonesia (IAI) Wilayah Riau akhirnya dikukuhkan untuk jabatan periode 2017-2021. Pengukuhan berlangsung Sabtu 8 April 2017 di Pekanbaru dihadiri struktur IAI Riau dari 12 daerah.

FORUMRIAU.COM : Ketua IAI Riau Hardi CA kepada forumriaucom mengatakan, program utama IAI saat ini hadir untuk menjawab akuntansi pengelolaan dana desa yang digulirkan pemerintah saat ini.

"IAI menjawab program pemerintah soal anggaran, terutama anggaran dana desa yang telah berjalan di Indonesia, terutama di desa daerah provinsi Riau," kata Hardi.

Hal senada juga diungkapan oleh  Azwirman selaku Manager Eksekutif IAI Riau. Menurut Azwir, peran IAI akan selaras dengan kebutuhan pengelolaan dana pemerintah, terutama dana desa yang berjalan saat ini.

"Ankuntan membangun negeri ini adalah peran yang dilakukan Ikatan Akuntan Indonesia dalam membangun desa karena desa dan kota yang mendapat dana dari pemerintah bisa dikelolanya dengan baik dan tidak bermasalah dikemudian hari," harap Azwirman.

Banyak terjadi kesalahan pengelolaan akuntansi dana desa di Riau hingga telah menjerumuskan pengelolanya ke ranah hukum.

"Jadi kita tidak ingin pemerintah desa yang merupakan ujung tombak pembangunan, berujung ke dalam terali besi karena tidak ngerti cara mengelola keuangan yang akuntabel," kata Azwirman.

Acara pengukuhan IAI Riau 2017-2021 diadakan di Hotel Pangeran pada 8 April 2017 dan dilanjukan dengan diskusi Nasional mengangkat tema Akuntan Membangun Negeri
Serta "Peran Profesional Akuntan Dalam Rangka Memperkuat Akuntabilitas Pembangunan Daerah".

Diskusi nasioanal itu menghadirkan pembicara Gubernur Riau Arsyadjulian Rachman dan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

(frc/470/ayi)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: