Giliran Nama Ormas Anshor Dibawa Dalam Aksi Teroris

forumriau.com 23.3.17
forumriau.com
Kamis, 23 Maret 2017
Nama organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang paling dikenal, Anshor dibawa-bawa dalam penangkapan terduga teroris di Cilegon, Banten, Kamis 23 Maret 2017. Dalam penangkapan itu Densus 88 baku tembak dengan empat terduga pelaku dan satu pelaku tewas ditembak, sedang tiga lainnya berhsil ditangkap.

FORUMRIAU.COM: Terduga teroris tewas inisial NK, diketahui memiliki keterlibatan dengan sejumlah kasus terorisme. Mulai merencakan pelatihan mileter di Halmahera hingga menyembunyikan salah satu teroris yang terlibat dalam kasus bom Thamrin 2016 lalu.

"Keterlibatan NK, mengikuti pertemuan Anshor Daulah di Batu Malang pada 20-25 November 2015, NK sebagai pengajar teknik persenjataan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (23/3/2017).

Selain itu, NK juga merencanakan pelatihan militer di Halmahera yang akan dijadikan sebagai basis pelatihan militer kelompok Ansor Daulah pengganti Poso, Sulawesi Tengah.

"Menyembunyikan Abu Asybal selama dalam pelarian pasca bom Thamrin 2016," ujarnya.

Keterlibatan lainnya yaitu bersama dengan F melakukan latihan membuat bom di Gorontalo tahun 2016 lalu. NK juga mengetahui dan menyembunyikan pelaku bom Gereja Samarinda, Kalimantan Timur, berinisial AB.

"Membeli senjata M16 untuk kelompok Anshor Daulah yang sudah direncanakan sejak tahun 2015," tuturnya.

Penangkapan dilakukan di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kelurahan Kepuh Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, sekitar pukul 12.00 WIB. Selain NK, 3 rekannya yang lain yaitu AS, IP dan AM berhasil ditangkap. AM terkena luka tembak pada kaki.

Diketahui, nama Anshor Daulah itu bukan merupakan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang terkeal selama ini dengan Banser dan Ansornya. Namun adalah kelompok yang tidak ada hubungan dengan (Gerakan Pemuda) GP Ansor sayap NU tersebut.

Lambang Anshor Daulah:


Lambang Ansor NU:

(*)

Thanks for reading Giliran Nama Ormas Anshor Dibawa Dalam Aksi Teroris | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments