SURYADI on TikTok

SURYADI on TikTok
C.E.O PT Forum Riau Media Group

Mengerikan, Lensa Kontak Malah Merusak Mata Gadis Ini

forumriau.com 14.11.16
forumriau.com
Senin, 14 November 2016
Memakai lensa kontak untuk gaya dan warna mata punya resiko yang mengerikan. Selain rawan masuknya bakteri saat memasang lensa kontak, kornea mata juga dapat terganggu saat membukanya. Bahkan seorang gadis terpaksa kehilangan kornea matanya saat membuka lensa kontak yang biasa ia pakai.

Seorang gadis yang bernama Meabh McHugh-Hill, mengaku sudah terbiasa memakai lensa kontak untuk memperbaiki penglihatan sekaligus penampilannya.

Semenjak usianya masih 16 tahun, Ia bahkan mengaku bisa memakai lensa kontak ini hingga waktu 12 jam lamanya. Karena kerap mamakai lensa kontak dalam waktu yang lama, matanya pun cenderung lebih kering dari mata normal. Hal ini membuat lensa kontaknya lebih mudah lengket pada kornea matanya dan sulit untuk dilepaskan.

Pada suatu waktu, Meabh memakai lensa kontak lebih dari 10 jam saat menonton bioskop dengan kekasihnya. Ia pun ingin segera melepasnya dan pergi ke toilet. Setelah membasahi mata dengan obat tetes mata, Ia pun berusaha melepas lensa kontak yang sudah lengket dengan kornea matanya.

Sayangnya, begitu lensa kontak ini lepas, Meabh kemudian mengalami nyeri yang luar biasa pada mata kirinya. Ia bahkan mengaku tidak mampu membuka matanya hingga keesokan harinya dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Tim dokter yang menangani Meabh menyebutkan, kornea mata sang gadis robek dan hampir saja hal ini membuatnya buta. Alhasil, Ia harus melakukan pemulihan dalam waktu yang lama dan seumur hidup dilarang memakai lensa kontak lagi.

Meabh pun mengaku kapok dan bahkan merekomendasikan orang lain untuk tidak memakai lensa kontak agar tidak mengalami hal yang mengerikan seperti dirinya.

Pakar kesehatan mata bernama Niket Sompal, MD, yang berasal dari Touro Osteophatic College of Medicine di New York, menyebutkan kasus yang menimpa Meabh memang sangat langka. Namun, hal ini bisa menjadi pelajaran bagi semua orang untuk berhati-hati dalam memakai lensa kontak.

Menurut beliau, adanya lensa kontak akan menghalangi pasokan oksigen bagi mata dan membuatnya menjadi lebih kering, apalagi jika dipakai lebih dari 10-12 jam setiap harinya.

Alhasil, lensa kontak akan lengket dengan kornea mata dan andai dipaksa untuk dilepas, tentu akan membuat kornea beresiko mengalami robek.

Untuk mencegah hal ini, pastikan bahwa anda kerap memakai obat tetes mata selama lensa kontak terpakai.

Selain itu, pastikan bahwa kondisi lensa kontak cukup lembut dan mudah untuk dilepas dan segeralah memeriksakan diri ke dokter andai lensa kontak terasa lengket agar tidak sembarangan melepasnya.

Untuk menghindai resiko ini, tentu saja sebaiknya anda tidak memakai lensa kontak sama sekali. Karena, resiko yang ditimbulkan juga akan melarang anda memakainya sepeti yang dialami gadis tersebut, atau bahkan anda kehilangan mata untuk selamanya.(drsc)

Perlu dibaca:

Aduh, Mobil Ini Dari Uang Masyarakat Pekanbaru Diberikan ke Pejabat Kejaksaan, Ada yang Mau?

Thanks for reading Mengerikan, Lensa Kontak Malah Merusak Mata Gadis Ini | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments