Mengenal Sakit Sutan Bhatoegana Pengantarnya Tutup Usia | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Mengenal Sakit Sutan Bhatoegana Pengantarnya Tutup Usia

Sebelum tutup usia, Sutan Bhatoegana dirawat di rumah sakit karena mengalami gangguan kesehatan. Dari keterangan dokter, Sutan dipastikan mengalami gangguan pada fungsi organ livernya atau lebih dikenal organ hati.

Politisi yang sempat menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR RI ini tiba-tiba saja diberitakan sedang menderita sebuah penyakit berbahaya yang disebut sebagai sirosis hati. Penyakit ini membuatnya terlihat kurus kering dan tergeletak di ranjang rumah sakit.

Seperti apakah sebenarnya penyakit yang menyerang organ hati sang politisi ini?
Pakar kesehatan yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam bernama Rino A. Gani menyebutkan, sirosis adalah penyakit yang menyerang organ hati atau liver.

Sirosis akan membuat hati mengalami peradangan yang cukup parah hingga kematian sel-sel hati yang membuat struktur hati mengalami kerusakan yang cukup signifikan.

Andai tidak mendapatkan penanganan yang tepat, hati yang dimiliki oleh penderitanya akan menjadi lebih keras, mengalami penyusutan ukuran, atau bahkan penurunan fungsi.

Dr. Gani katakan, rusaknya organ hati ini akan membuat penderitanya mengalami perubahan warna mata dan kulit menjadi lebih kekuningan.

Hal ini dikarenakan pigmen warna kuning atau yang kerap disebut sebagai bilirubin tak bisa lagi diproses oleh organ hati, dan akan menumpuk pada darah, akhirnya tersebar di seluruh kulit dan juga mata.

Biasanya, penderita penyakit sirosis juga akan mengalami pembengkakan kaki, pembesaran perut, penurunan berat badan yang sangat signifikan, hingga gangguan ginjal.

Sirosis hati sendiri kerap disebabkan oleh virus hepatitis B dan hepatitis C yang bertahan di dalam tubuh selama bertahun-tahun sebelum akhirnya memicu penyakit sirosis ini.

Banyak penderita penyakit hepatitis ini tidak menyadari adanya kerusakan pada organ hatinya hingga tiba-tiba saja ia didiagnosis terkena masalah sirosis hati.

Hanya saja, biasanya tanda-tanda awal sirosis ini bisa diketahui dengan munculnya rasa tidak nyaman pada perut bagian kanan atas dan rasa mudah lelah.

Banyak penderita sirosis yang memiliki sejarah mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Selain itu, kondisi perlemakan hati atau kondisi tubuh auto imun dimana sistem kekebalan tubuh justru menyerang organ hati juga bisa memicu penyakit yang berbahaya ini.

Yang dapat dilakukan adalah mencegah virus hepatitis B dan C menyerang tubuh dengan menjaga kesehatan, baik dari pola makan, minum dan lingkungan sehat. Sehingga penyakit tersebut tidak mudah menyerang tubuh. Semoga Sutan Bhatoegana yang meninggal dunia akibat penyakit sirosis hati dapat tempat yang mulia di sisi Allah, Tuhan Yang Maha Esa.(drsc)

Perlu dibaca:

Pakai Uang Warga Pekanbaru, Inilah Harga Mobil Dari Firdaus MT Untuk Kajari

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: