Aduh, Inilah Anggota Dewan Tak Tahu Soal Uang Mobil Untuk Kejari

forumriau.com 27.10.16
forumriau.com
Kamis, 27 Oktober 2016
Anggota dewan atau wakil rakyat DPRD Pekanbaru belum ada yang berani menjawab soal uang rakyat dipakai untuk pejabat diluar Pemerintahan Kota Pekanbaru.

FORUMRIAU.COM: Seperti anggota DPRD Pekanbaru bernama Nofrizal SE ini mengelak menjawab pertanyaan wartawan.

Nofrizal dijumpai di DPRD Riau saat bersama Bupati Meranti Irwan Nasir pada Selasa 25/10/2016 kemarin.

Nofrizal menjawab tidak tahu ketika ditanya perihal Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Pekanbaru yang menyetujui Anggaran untuk pembangunan gedung lembaga pemerintahan diluar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Pekanbaru.

"Soal itu saya tidak tahu. Tanya sama ketua lah," elak Nofrizal.

Bahkan saat ditanya apakah anggaran Pemko Pekanbaru tahun 2015/2016 juga disetujui dewan uang rakyat dari APBD dibayarkan untuk pejabat Kejaksaan yang bukan kewajiban Pemko Pekanbaru, Nofrizal tetap menolak menjawab.

Seperti yang diberitakan, bahwa Firdaus MT selaku walikota waktu menjabat, telah membelanjakan uang rakyat dari APBD Pekanbaru kepada sejumlah proyek perkantoran yang bukan dalam kewajiban Pemko Pekanbaru.

Seperti yang diberitakan forumriau.com, meski punya anggaran sendiri dari lembaganya Kejaksaan Republik Indonesia untuk mobil dinas, namun Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru malah menerima mobil dari Pemko Pekanbaru.

Mobil itu dipakai sebagai mobil dinas setiap harinya oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Idianto SH MH.

Hal itu dibenarkan oleh Idianto melalui Kasi Intel Hartono SH kepada forumriau.com, Selasa 18/10/2016 di Pekabaru.

Menurut Hartono, mobil kijang Innova keluaran terbaru itu bukan dari uang pribadi Walikota Pekabaru Firdaus MT. Tapi dari uang daerah kota Pekanbaru.

"Dari APBD, sifatnya pinjam pakai," kata Hartono singkat.

Ketika ditanya apakah Kejaksaan Agung sebagai lembaga tinggi instansinya Kejaksaan Republik Indonesia tidak punya anggaran untuk mobil dinas para Kepala Jaksa di daerah, Hartono membantahnya.

"Mobil dinas kami ada dari Kejaksaan. Cuma sedang tidak dipakai. Iya kini bapak (Kajari-red) pakai mobil ini (Innova dari Pemko-red) setiap hari," aku Hartono.

Saat ditanya apakah ada udang di balik batu terkait "begitu baik hatinya" Firdaus MT memberikan mobil untuk Kepala Kejari Pekanbaru, Hartono lagi-lagi membantah.

"Itu kan dari uang daerah, bukan dari uang pribadinya (Firdaus-red). Mengapa harus kami saja yang ditanya," elak Hartono.

Informasi mobil yang diberikan Firdaus MT untuk Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru itu, telah menjadi buah bibir banyak orang.

Nada miring adanya udang di balik batu atas "baik hatinya" Firdaus MT santer dikabarkan. Pasalnya, Kejari adalah instansi vertikal dari  pemerintah pusat, yang tidak ada hubungan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintahan Pemko Pekanbaru.

Sehingga, banyak kalangan yang menilai kejanggalan dalam status pemberian mobil dari uang warga Pekanbaru (APBD) tersebut.(sk/470)

Perlu dibaca:

Mobil Untuk Kajari: FITRA Riau Duga Demi Amankan Firdaus MT


Thanks for reading Aduh, Inilah Anggota Dewan Tak Tahu Soal Uang Mobil Untuk Kejari | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments