Makam Fiktif Terus Diburu dan Dibongkar di DKI

forumriau.com 4.8.16
forumriau.com
Kamis, 04 Agustus 2016
Praktek makam fiktif yang diduga sebagai ladang bisnis oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terus diburu dan dibongkar. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta kembali membongkar makam fiktif itu. Hingga hari ini, sudah 212 makam fiktif dibongkar.

FORUMRIAU.COM: "Yang sudah dibongkar 212. Ada di TPU Tegal Alur, Tanah Kusir, Menteng Pulo dan Karet Bivak, dan Pondok Ranggon," ungkap Kabid TPU Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Siti Hasni saat dihubungi detikcom, Rabu (4/8/2016) malam.

Hingga saat ini seluruh petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta di setiap TPU-TPU yang ada di Jakarta disebutnya masih terus melakukan penelusuran untuk mencari makam-makam fiktif. Hasni menyatakan tidak ada target kapan kasus ini akan selesai.

"Sampai kapan pun akan terus ditelusuri. Petugas kami di lapangan kerja terus mengecek," ujarnya.

Meski ditemukan ada banyak fiktif di banyak TPU, Hasni memastikan DKI Jakarta tidak kekurangan lahan. Hanya saja perluasan TPU-TPU memang diperlukan.

"Kita sebenarnya cukup. Tapi perluasan lahan tetap perlu," kata Hasni.

Masalah makam fiktif yang ditengarai sudah berlangsung lama ini berbuntut panjang. Setidaknya sudah ada 48 PNS yang sudah dicopot dari jabatannya akibat bekerja sama dengan calo di kasus makam fiktif.

Namun dengan terbongkarnya masalah ini, sebut Hasni, terdapat efek baiknya juga. Yakni kesadaran ahli waris untuk membayar biaya administrasi makam, terutama yang sudah lama menunggak.

"Mereka memperpanjang makam-makam yang sudah lewat waktu, mereka takut makam keluarganya dibongkar," jelas Hasni.

Sebelumnya Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ikut membongkar makam fiktif di TPU Karet Bivak, Rabu (3/8/2016). Kepada Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Pusat Munjirin yang mendampinginya, Djarot meminta agar kasus makam fiktif terus ditelusuri dan diselesaikan hingga ke akar-akarnya.

"Ini kan jelas ada permainan dengan petugas makam. Tugasmu adalah membongkar itu. Semua ini kamu cek, kamu tandai yang meragukan. Sampai nanti kamu hubungkan ke ahli warisnya. Saya tidak yakin di sini cuma satu, pasti lebih. Permainan ini pasti sudah lama," perintah Djarot.(*)

Thanks for reading Makam Fiktif Terus Diburu dan Dibongkar di DKI | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments