Awal Tri Wulan 2016 Penduduk Miskin 384 Ribu Orang di Jakarta

forumriau.com 2.8.16
forumriau.com
Selasa, 02 Agustus 2016
Jumlah penduduk miskin mencapai 384.000 orang di Jakarta. Data itu hanya pada tri wulan pertama Januari hingga Maret 2016. Data Badan Pusat Statistik (BPS) angka itu mencapai 3,75% dari jumlah penduduknya DKI Jakarta.

FORUMRIAU.COM: Berdasarkan angka kemiskinan BPS DKI Jakarta, angka kemiskinan tersebut sedikit meningkat dibandingkan dengan keadaan pada September 2015 (3,61%), namun menurun jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2015 (3,93%).

Dari perkembangannya sejak 2014 persentase jumlah penduduk miskin di DKI Jakarta masih dalam tren yang menurun.

"Dinamika perekonomian DKI Jakarta turut berpengaruh terhadap kondisi kemiskinan tersebut. Presentase penduduk miskin dipengaruhi oleh garis kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan jumlah penduduk. Pada Maret 2016 inflasi garis kemiskinan turun menjadi 4,71% (yoy) dibandingkan September 2015 (9,46%) dan Maret 2015 (8,84%)," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Doni P. Joewono, dalam keterangan tertulis, Senin (2/8/2016) dikutip detikcom.

Penurunan tidak terlepas dari upaya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjaga inflasi Jakarta tetap rendah dan terkendali. Menurunnya pertumbuhan garis kemiskinan dikontribusi oleh penurunan pertumbuhan garis kemiskinan kelompok makanan, seiring terkendalinya harga beras yang merupakan komoditas penyumbang utama.

Sementara itu, pertumbuhan garis kemiskinan non makanan masih mengalami peningkatan, seiring masih tingginya biaya sewa perumahan di Jakarta. Sehingga penyediaan Rusunawa (rumah susun sederhana sewa) merupakan salah satu alternatif upaya menurunkan biaya sewa rumah di Jakarta.

"Di sisi lain, kinerja ekonomi DKI Jakarta yang tumbuh lebih rendah pada triwulan I 2016 turut memengaruhi meningkatnya persentase penduduk miskin, terkait terbatasnya perbaikan pendapatan," tutur Doni.

Selain itu, sebagai faktor pembagi dalam perhitungan presentasi penduduk miskin, turunnya pertumbuhan jumlah penduduk pada periode tersebut juga turut berpengaruh terhadap peningkatan prosentasi penduduk miskin pada periode ini.(*)

Thanks for reading Awal Tri Wulan 2016 Penduduk Miskin 384 Ribu Orang di Jakarta | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments