Benarkah Bupati Inhil Serangan Jantung? Ini Tinjauan Medisnya

forumriau.com 1.6.16
forumriau.com
Rabu, 01 Juni 2016
Kemarin, Bupati Inhil HM Wardan tiba-tiba jatuh pingsan di sebuah acara seminar. Kondisi itu mengejutkan sejumlah hadirin di seminar tersebut. Ia dibopong dan dibawa ke rumah sakit. Dalam keadaan itu, banyak yang bertanya penyebab mendadaknya bupati Inhil ini jatuh pingssan.

Ada yang menyebut, jika seseorang tiba-tiba pingsan seperti itu merupakan suatu gejala serangan jantung. Kata serangan jantung akan membuat orang merasa ngeri. Karena cukup sering didengar seseorang harus meregang nyawa karena terkena serangan jantung.

Orang-orang pun banyak mencari tahu apa sebenarnya penyebab atau gejala-gejala dari serangan jantung ini dan menyimpulkan, bahwa rasa nyeri pada dada biasanya menjadi gejala awal dari penyakit mematikan ini.

Namun, tahukah anda, menurut pakar kesehatan justru serangan jantung seringkali tidak diawali dengan gejala apapun! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan melakukan sebuah penelitian di Amerika Serikat dan dirilis oleh Jurnal Circulation. Dari penelitian ini, ditemukan fakta bahwa setidaknya hampir separuh, atau tepatnya 45 persen kasus serangan jantung di Amerika Serikat ternyata tidak menunjukkan adanya gejala-gejala terlebih dahulu. Yang menjadi masalah adalah, baik itu yang memberikan gejala ataupun yang tidak, serangan jantung tetaplah mematikan!

Penelitian ini sendiri dilakukan pada data yang dihimpun oleh Atherosclerosis Risk in Communities Study dimana dari 9.500 sampel, ditemukan fakta bahwa ada 386 kasus serangan jantung yang menunjukkan ada gejala-gejala sebelumnya, dan sedikit menurun ada 317 kasus serangan jantung yang sama sekali tidak memberikan gejala-gejala tersebut.

Penelitian yang mengambil sampel selama lebih dari 20 tahun ini menunjukkan fakta lain yang sangat mengerikan dimana serangan jantung yang tidak memberikan gejala apapun justru memberikan resiko kematian yang jauh lebih besar, yakni tiga kali lipat daripada serangan jantung yang memunculkan gejala-gejala tertentu.

Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa pria memiliki resiko lebih besar mengalami serangan jantung diam-diam jika dibandingkan dengan kaum hawa. Dengan adanya fakta ini, harus lebih baik dalam berkonsultasi pada dokter sehingga bisa mencegah diri sendiri agar tidak terkena masalah jantung di kemudian hari.

Sementara, kondisi yang dialami bupati Inderagiri Hilir HM Wardan tersebut banyak juga dialami oleh sejumlah orang di Indonesia sebagai salah satu ciri-ciri penyakit jantung yang sangat mematikan.(*)

Thanks for reading Benarkah Bupati Inhil Serangan Jantung? Ini Tinjauan Medisnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments