Polda Lanjutkan Kasus Bupati Rohul Sebagai Penghasut Pencurian TBS | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Polda Lanjutkan Kasus Bupati Rohul Sebagai Penghasut Pencurian TBS





Bupati Rohul Achmad MSi masih terancam pidana. Tuduhan penghasutan belum lepas dari dugaan pencurian yang dilakukan oleh tujuh orang warga Desa Kepenuhan Timur, Kabupaten Rohul, Riau. Meski 7 warga itu divonis bebas oleh Pengadilan Negeri (PN) Pasirpengaraian, Kamis (29/10/2015) kemarin, Achmad tetap dijerat Polda Riau atas dugaan penghasutan.

FORUMRIAU.COM: Polda Riau selaku pihak yang menangani perkara dugaan penghasutan tersangka Achmad memastikan, terus melanjutkan kasus itu, meski tujuh warga tersebut dibebaskan murni oleh Majelis hakim yang diketuai Lilin Herlina.

Dipastikan bebas murni itu tidak akan menganggu proses di Mapolda Riau.

"Dugaan pencurian buah kelapa sawit di Desa Kepenuhan Timur tersebut belum memiliki kekuatan hukum yang tetap atau inkrah," tegas Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, di ruangannya, Jumat (30/10/2015).

Guntur menegaskan, bahwa proses penyidikan terhadap perkara yang menjerat Achmad sebagai tersangka masih terus dilanjutkan.

"Jaksa pasti kasasi (ke Mahkamah Agung). Ini belum inkrah," sambungnya. "Dan (Proses) penyidikannya masih lanjut di Polda Riau," kata dia menanggapi vonis bebas murni tujuh warga itu.

Adapun Bupati Achmad, ditetapkan Polda Riau sebagai tersangka dalam kasus dugaan menyuruh orang lain untuk bersama-sama melakukan tindak pidana, yaitu mencuri Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di lahan sengketa antara PT Budi Murni Panca Jaya (BMPJ) dengan PT Agro Mitra Rokan (AMR).

Dalam kasus ini, Achmad diduga menghasut masyarakat yang telah terlebih dulu ditetapkan sebagai tersangka atas pencurian ini, yakni Iskandar, Dalius, Anasrudin, Abdul Karim, Zulkifli Lubis, Basuki alias Suki, dan Adenan bin Atan, hingga perkaranya bergulir ke ranah pengadilan. Setelah menjalani sidang, ketujuh warga ini divonis bebas oleh PN Pasirpengaraian.(Frc/goriau)***

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: