Mengapa Datuk Penghulu Kenegerian Benai Restui IKO Pimpin Kuansing?

forumriau.com 30.10.15
forumriau.com
Jumat, 30 Oktober 2015
Rasa haru tak dapat disembunyikan Indra Putra dan Komperensi di hadapan keluarga besar datuk penghulunya. Dengan mata berkaca-kaca, pria yang akrab disebut Indra Kota ini menyatakan perjuangan suku desa adat untuk membangun harus ditingkatkan.

"Desa adat sudah diatur oleh Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Jika undang-undang ini diterapkan di Kuansing, maka masyarakat adat akan diakui oleh negara. Di Sumbar, undang-undang ini telah berjalan. Kita akan perjuangkan hak-hak kaum adat hingga ke pusat,"kata Indra.

FORUMRIAU.COM: Karena, kata IKO, peran kaum adat lebih strategis dalam membangun Kuansing. Untuk itu, perlu dukungan dari pemangku adat dalam mewujudkan Kuansing Berjaya yang  senantiasa memakai pepatah 'adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah' tersebut.

Dalam kesempatan ini, IKO menyatakan siap untuk melanjutkan pembangunan yang dirintis H. Sukarmis. Ia menyampaikan program unggulan dalam membangun Kuansing, terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Bagi masyarakat Benai, Indra Putra bukanlah orang asing. Sebab, Calon Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau nomor urut 1 ini merupakan keturunan dari Kenegerian Benai.

Adalah Dohab, kakek dari Indra merupakan orang Benai yang cukup disegani oleh masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Dewit dan dibenarkan oleh Azhar, para pemangku adat selaku datuk penghulu di Kenegerian Benai saat kampanye dialogis Indra Putra - Komperensi (IKO) di Desa Talontam, Kamis (29/10/2015) malam.

"Indra adalah orang Benai, bukan orang asing. Jadi, apapun alasannya, kita sebagai orang Benai harus bangga dengan pencalonan dia dan harus memberikan dukungan penuh, dengan cara coblos nomor urut 1 pada 9 Desember mendatang,"ujar Dewit mengajak anak cucu kemenakannya.

Dikatakan Dewit, masyarakat Benai siap menjadi barisan terdepan dalam memenangkan IKO pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember mendatang.

"Inilah saatnya orang Benai jadi bupati, jangan sia-siakan kesempatan di depan mata,"ujar Dewit di hadapan ribuan masyarakat Benai.(Frc/rls)***

Thanks for reading Mengapa Datuk Penghulu Kenegerian Benai Restui IKO Pimpin Kuansing? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments