Pisah Sambut Pimpinan Universitas Riau

Pasang Iklan Anda Disini - 970x90 Pixel Banner

Tahun 2023, Kwarda Pramuka Riau Targetkan Pramuka Garuda

forumriau.com 22.12.22
forumriau.com
Kamis, 22 Desember 2022


FORUMRIAU.COM - PEKANBARU - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau menargetkan pada tahun 2023 adanya Pramuka Garuda yang merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. 

"Kami akan fokus terkait hal itu. Pramuka Garuda itu peringkat sebetulnya mencapai tahap tertinggi mulai dari siaga, penggalang, penegak dan pandega," kata Ketua Kwarda Riau Kasiarudin saat menjadi narasumber Podcast di Studio Podcast Tribun Pekanbaru di Jalan Imam Munandar Pekanbaru dengan host Pemimpin Redaksi Tribun Pekanbaru, Syarief Dayan, Selasa (20/12/2022). 

"Pramuka itu adalah organisasi pendidikan nonformal yang keberadaannya diatur pemerintah sejak tahun 1961 melalui Keppres 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Selanjutnya diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Artinya, negara kita mengakui bahwa Pramuka mempunyai metode, kurikulum, pelatih berlisensi yang dapat dipertanggungjawabkan di bidang pendidikan karakter," ujarnya. 

Menurut Kasiarudin, pada tahun 2022 ini telah memperkuat administrasi di Kwartir sehingga sebagian besar di Kwartir Daerah itu ada ketua dan wakil ketua. Wakil Ketua sendiri yang membidangi organisasi hukum, bidang pembinaan anggota muda, pembinaan anggota dewasa,  humas dan kelengkapannya dan sebagainya 

"Bahkan kami punya Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) dan Pusat Informasi (Pusinfo) Kwarda Riau," ujar Kasiarudin. 

Menurut Kasiarudin, dirinya memperkuat hal tersebut misalnya dalam rangka pemberdayaan personel Kwarda melimpahkan wewenang terkait dimana yang dahulunya sudah ada tetapi diformalkan dengan SK. 

Menyinggung pendanaan kegiatan di Kwarda, menurut Kasiarudin sepenuhnya dibantu dari dana APBD Provinsi dinaungi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau dalam bentuk belanja hibah. 

"Jadi kegiatan masing-masing bidang tadi itu kita limpahkan kepada Wakil Ketua dan itu kami SK- kan. Kami juga menyusun pedoman belanja hibah sesuai dengan aturan  pemerintah 

Usai wawancara podcast dilanjutkan dengan penandatanganan naskah nota persepahaman antara Kwarda Riau dengan Tribun Pekanbaru yang ditutup dengan foto bersama. 

Hadir pada kesempatan tersebut Manajemen Perusahaan Tribun Pekanbaru, Ketua Kwarda Riau, Kasiarudin, Humas Kwarda Riau Irwan Yuliadi, Anggota Pusinfo Kwarda Riau, Annisa Rahmaddini, Rasid Ahmad dan Amanda Wulandari. (r/za)

Thanks for reading Tahun 2023, Kwarda Pramuka Riau Targetkan Pramuka Garuda | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments