Pasang Iklan Anda Disini - 970x90 Pixel Banner

Sempat terhenti pasca pandemi covid 19, Suku Umah nan onam kecamatan Cerenti kembali gelar silaturahmi

forumriau.com 13.7.22
forumriau.com
Rabu, 13 Juli 2022



FORUMRIAU.COM - KUANSING - Suku uman nan onam kecamatan Cerenti kabupaten kuantan Singingi kembali mengelar acara silaturahmi,Meski dilaksanakan sederhana, namun terlihat penuh kekeluargaan dan hikmad ketika diperagakan silat khas suku umah nan onam oleh samsuardi dan Samsu asli setelah itu dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran dilantunkan qori Nelsi Dinda aprlia acara  tersebut  di pusat di desa pulau panjang Cerenti . Rabu 13/7.pagi.

 Tradisi ini dilaksanakan untuk merajut silaturahmi, saling kenal mengenal satu dengan yang lain, antara Datuk, mamak dan cucu kemenakan. Begitu pula Suku Umah nan onam sekecamatan Cerenti  melaksanakan silaturahmi.

Kegiatan silaturahmi suku umah nan onam dihadiri para Datuk-datuk tuo suku sekecamatan cerenti dan uwang Godang suku umah nan onam di kecamatan cerenti.Ratusan anak dan cucuk kemenakan Suku Umah nan onam dari berbagai desa di kecamatan cerenti hadir dalam hajatan tahunan itu.


Tuo suku darham  selaku tuan rumah dalam sambutan nya sambil meneteskan air mata ia menyampaikan rasa kekecawaan nya terhadap anak kemenakan cucu yang hadir pada acara tersebut,karna yang hadir tidak sesuai dengan harapan,apakah hanya sebanyak ini kita suku umah nan onam di kecamatan Cerenti ini ? Kata darham tegas.


Namun,darham juga mengakui mungkin ini juga kesalahan kami selaku para orang tua di suku,mungkin kurang nya sosialisakan atau merangkul para anak kemanakan dan cucu suku umah nan onam ini.
Darham juga berharap mari kita satukan suku kita ini,kalau hanya sebanyak ini yang hadir mana hati nurani kita di suku umah nan onam ini ? Kata darham.

"Ketua Pelaksana Yen ASNUDI,S.pd,M.Pd   mengatakan bahwa dasar kegiatan ini adalah untuk menyatukan persepsi,mungkin akhir akhir ini banyak yang salah bahasa dalam panggilan,seharus nya di panggil moman ( paman ) di panggil abang dan seterus nya.kata yen asnudi.

Dilanjutkan yen asnudi, acara ini memiliki makna sangat penting. Karena disini lah saling kenal mengenal keluarga di dalam suku. Apalagi,silaturahmi ini sudah dua  tahun tidak dilaksanakan. ''Mana Datuk, mamak, adik, cucu dan kemenakan, disini saling tempatnya. Saling kenal dan bersilaturahmi,'' ujarnya

acara silaturahmi ini murni dari kita semua,apa lagi dari segi pendanaan,"soal dana tidak ada aliran dana dari pihak mana pun,ini murni swadaya kita suku umah nan onam dikecamatan Cerenti ini.

"Kalau kita minta dana ke pihak lain ,kita takut di kendalikan ,maka nya kita tidak mau dan ini sudah menjadi komitmen kita bersama.jelas yen asnudi.

Sela kegiatan silaturahmi juga di langsungkan pemilihan tuo suku dari desa kampung baru Cerenti terpilih saudar (Masnur) ,tuo Suko desa koto  peraku terpilih saudara (Alpian ) tuo Suko koto Cerenti terpilih saudara (aprizul ) tuo Suko desa  teluk pauh terpilih saudara ( masriliu).

Di samping itu, Datuk Marlis banyak memberikan penjelasan dan nasehat pada cucu kemenakan tentang datuk-datuk penghulu di Suku umah nan onam serta asal usul suku umah nan onam  yang harus di ketahui cucu kemenakan serta adat yang ada. Marlis juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras panitia dan tuan rumah,sehingga acara ini berjalan sukses.

Marlis menyampaikan suku umah nan onam ko hanyo Ado di Cerenti, dan kalau ado itu pun di Pisang berebus gunung Toar,Adapun asal awak ko dai Sumatra Barat ( Sumbar ).di jelaskan Marlis dulo Ado tigo baradiak yang Kono bongi (marah ) jadi katigo baradiak ko memutuskan untuk berakit batang pisang dari Sumbar ke indragiri ini,pada saat itu sang kakak yang tuo mendarat di pisang berebus,dan sang adik yang berdua melanjutkan perjalanan menggunakan rakit batang pisang yang terus mengikuti aliran sungai ,sehingga sang adik ini mendarat di di desa pasiken.

Nah di situ lah mulai berkembang biak nya,jadi saat itu ada 6 buah rumah 3 di bukit 3 di lurah.jadi rumah itu di satukan oleh para Datuk dahulu nya.di situlah di sebut suku umah nan onam.

Terpisah sekretaris panitia, Jon Kanedi,S.Ag menyampaikan pada dasar kegiatan di ini kami selaku generasi di bawah meminta kepada para Datuk agar menyampaikan kembali adat istiadat yang ada di suku rumah umah nan onam ko.

"Saya melihat adat istiadat di suku umah nan onam di Cerenti ko Ola semakin banyak hilang,Mako nyo kami berharap kepada pada Datuak agar menjelaskan dan mempungsikan adat istiadat yang Hilang tu,hal ini kita menghindari perkawinan sesuku.pinta nya

Thanks for reading Sempat terhenti pasca pandemi covid 19, Suku Umah nan onam kecamatan Cerenti kembali gelar silaturahmi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments