Waspada Surat bodong bantuan dana hibah dari kemendes beberapa kades Kuansing dikonfirmasi

forumriau.com 10.6.22
forumriau.com
Jumat, 10 Juni 2022


FORUMRIAU.COM - KUANSING - Surat palsu yang mengatasnamakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  kembali beredar media sosial. Surat 'bodong' tersebut berisi undangan rapat koordinasi penetapan calon penerima dan penandatangan perjanjian calon penerima program dana hibah tahun anggaran 2022 yang akan di selenggarakan pada selama tiga hari dimulai tanggal 13-15 Juni di hotel mecure Denpasar.

Dalam surat palsu yang ditetapkan pada 27 Mei 2022 lalu dan tertanda  Sekretaris Direktorat pembangunan desa perdesaan Ir.Rosydah  Rahmawaty,MM.

Tak Tanggung tanggung beberapa kades di Kuansing sudah dikonfirmasi oleh oknum yang mengaku dari pihak kemendes tersebut,dan meminta segera untuk melakukan konfirmasi terkait kehadiran kades yang di maksud.

Seperti yang di alami oleh kades kampung baru koto kecamatan Inuman.

Kepala desa kampung baru koto Khairul mengatakan kalau dirinya mendapat telpon dari oknum yang mengaku dari pihak kemendes untuk mengkonfirmasi kepada pihaknya terkait kehadiran.

"Ya tadi saya dapat telpon,kata nya dari pihak kemendes yang akan menyelenggarakan rakor terkait penetapan calon penerima dana hibah dari kemendes tahun anggaran 2022.ujar Khairul Kamis 9/6.malam

Dikatakan Khairul"pihaknya meminta saya untuk  memahami dan mempelajari isi surat undangan tersebut ,dan jika saya bersedia hadir agar segera menghubungi kelapa dinas PMD provinsi ,dan mereka akan segera membuatkan SPPD dan ST (Surat Tugas ).papar Khairul.

"Jadi Saya binggung" biasa nya kalau acara resmi seperti ini ada pemberitahuan dari dinas PMD Provinsi ke Dinas PMD kabupaten  Kuansing lalu ke pihak kecamatan dan pendamping desa atau biasa di group WhatsApp forum kades baik kabupaten maupun kecamatan pasti sudah ada di bahas.

"Ini gak ada tiba tiba dapat telpon dan sebuah kiriman dokumen PDF yang berisi undangan.papar Khairul.

"Karena saya ragu"makanya langsung saya konfirmasi sama pendamping desa kecamatan,terkait hal tersebut,kata pendamping desa itu tidak benar,itu palsu.

Sementara pendamping desa Kecamatan Inuman Delsyarif saat di konfirmasi oleh riauaktual.com mengatakan kalau surat undangan rakor dari kemendes itu tidak benar.

"Tidak benar"itu surat bodong,setelah saya  telaah banyak kejanggalan dalam surat tersebut,papar Delsyarif.

Surat yang ada sama saya  berupa PDF itu ada dua,nah dua buah surat ini waktu pelaksanaan nya juga berbeda.setelah itu susunan dari surat itu juga di ragukan karena perihal tidak sejajar rata kiri dengan nomor surat.dan kalau menurut saya cara penulisan tanggal surat pun juga salah,tidak hanya itu kata Delsyarif cara tanda tangan dan cap itu pun juga tidak betul.

"Intinya surat itu bodong dari nama yg meneken jenis huruf berbeda. dan satu lagi surat tersebut tidak adanya tembusan ke Dinas PMD Kabupaten,dan itu menambah kuat dugaan surat itu janggal,saya juga dapat konfirmasi dari dinas PMD provinsi agar mengingatkan seluruh kades atas surat tersebut.

"Mohon Perhatian"

hati-hati modus penipuan baru mengatasnamakan Kementerian Desa dan Bapak Yurnalis Mantan Kadis PMD Prov Riau. 

Surat ini beredar di Kalangan Kepala Desa mohon bantuan untuk diingatkan bahwa ini penipuan. 🙏🏼

Perlu di ketahui dikecamatan Inuman sampai berita ini diturunkan sudah ada 4 kepala desa yang di konfirmasi oleh oknum yang mengaku dari kemendes tersebut yakni kades Kampung baru koto,Kades Sigaruntang,kades pulau busuk jaya dan kades Ketaping jaya.

dealsyarif berharap kepada kepala desa   lebih cermat dan waspada serta tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya.

"Saya berharap agar kepala desa selalu berkoordinasi dengan pihak yang bersangkutan ,agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan.

Thanks for reading Waspada Surat bodong bantuan dana hibah dari kemendes beberapa kades Kuansing dikonfirmasi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments