Masyarakat kenegrian Pulau Busuk Gelar Tradisi Ziarah Kubur"TPU Air gemuruh membludak pengunjung

forumriau.com 9.5.22
forumriau.com
Senin, 09 Mei 2022

Masyarakat kenegrian Pulau Busuk Gelar Tradisi Ziarah Kubur"TPU Air gemuruh membludak pengunjung.



FORUMRIAU.COM - Masyarakat kenegrian pulau busuk kecamatan Inuman kabupaten kuantan Singingi menggelar tradisi ziarah kubur  usai Lebaran membuat angka kunjungan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) air gemuruh meningkat.

Dari pantauan media ini TPU air gemuruh yang berada di desa pulau busuk jaya Warga berbondong-bondong datang menabur bunga, berdoa, dan membaca surat Yasin. Bahkan sesekali suara lirih dan isak tangis masih terdengar dari peziarah. Senin 9/5/22.


Ziarah ini kubur adalah salah satu tradisi pada momen Lebaran ,ziarah kubur ini di lakukan 1 Minggu usai lebaran atau usai puasa ke enam pada bulan Syawal.

Di hari Idul Fitri, umat Islam menyempatkan diri untuk tidak hanya bersilaturahmi dengan kerabat yang masih hidup, tetapi juga dengan yang telah meninggal dunia.

Ketika berziarah, mereka memanjatkan doa untuk orang tua maupun kerabat yang telah tiada.

Memohonkan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan almarhum semasa hidup, dan meminta agar mereka yang sudah meninggalkan dunia diterima amal baiknya.

Setelah melakukan ziarah kubur,masyrakat kenegrian pulau busuk ini berkumpul di rumah suku( rumah Godang ) masing masing suku.

Perlu di ketahui dikenegrian pulau busuk terdiri dari beberapa suku diantaranya Caniago bodi,Caniago galuguah,Caniago air muruh,paliang,paliang soni,paliang bukik,Muaro Ili ,Melayu Godang,Melayu tigo nini,Melayu topi sopan.


Salah satu kepala suku(takampuang) dari Melayu tigo nini mudari saat berbincang dengan media ini ia mengatakan tradisi ziarah kubur ini merupakan tradisi turun temurun,sehingga sampai saat ini masih di lestarikan.terangnya.

"Usia melakukan ziarah kubur,semua masyrakat akan berkumpul di rumah suku( rumah Godang) nya masing masing.

Dirumah Godang itu nantinya akan melakukan makan bersama serta berdoa.dan juga nanti akan ada arahan dari takampuang.

Thanks for reading Masyarakat kenegrian Pulau Busuk Gelar Tradisi Ziarah Kubur"TPU Air gemuruh membludak pengunjung | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments