Asisten III Kuansing Agus Mandar" Hadiri Panen Raya tanaman Holtikultura didesa seberang Teratak.

forumriau.com 28.3.22
forumriau.com
Senin, 28 Maret 2022

Asisten III Kuansing Agus Mandar" Hadiri Panen Raya tanaman Holtikultura didesa seberang Teratak.




FORUMRIAU.COM - KUANSING, Asisten III Kuansing Agus Mandar melakukan melakukan panen semangka di lahan kebun milik warga yang dikelola oleh Pemerintah desa seberang Teratak kecamatan Sentajo raya dengan luas lahan 2,5 hektare. .Minggu.27/3/22. 

Eks PLT Sekretaris Daerah(Sekda) Kuansing itu  merasa gembira karena hasil panen semangka cukup baik dan mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat di Kuansing khususnya desa seberang Teratak kecamatan Sentajo raya.

Selama tiga bulan petani semangka di desa seberang Teratak diperkirakan  mampu menghasilkan Rp 100 juta. Angka tersebut belum dikurangi biaya operasional selama musim tanam sampai panen yang diperkirakan sekitar tiga bulan.

Saya berharap hasil panen semangka bisa dibeli oleh agen agen lokal , meski ada juga yang dipasarkan di masyarakat. Dengan demikian sangat membantu masyarakat dalam pemasaran produk hasil pertanian warga," katanya.

Kami atas nama pemerintah kabupaten kuantan Singingi sangat mengapresiasi program yang di Taja oleh pemerintah desa seberang Teratak ini.

"Ini perlu di jadikan contoh oleh desa desa Lain,karena ini juga merupakan bagian dari holtikultura."ucap agusmandar.

"Kita harus terus mengembangkan usaha tanaman pangan dan holtikultura,seperti Semangka,lemon,labu dan buah buahan lain nya yang bisa di produksi di daerah kita sendiri.

Dengan lahan 2,5 heaktere ini mampu menghasilkan 15-40 ton itu sudah sangat luar biasa dan ini sudah bisa menunjang perekonomian masyrakat di desa.

"Apalagi siklusnya setahun itu bisa dua sampai tiga kali tanam kan .tidak hanya itu,tentu angka penganguran di desa seberang Teratak ini juga berkurang.mulai dari proses tanam,Samapi proses puncaknya yaitu panen tentu kita memerlukan orang banyak.dengan begitu mereka juga terbantu secara perekonomian.ucap sekda


Sekretaris Desa (Sekdes ) Andrianto menjelaskan,Kami dari pemerintah desa seberang Teratak selalu mendorong perekonomian masyrakat melalui program Padat karya Tunai (PKT ) .

Dengan program ini tentu bisa menjadi kan desa seberang Teratak ini mampu menjadi penghasil beragam tanaman holtiktura ya salah satu semangka. Beber Andrianto.

Dengan lahan 2,5 heaktere ini kami tanam ada sekitar 4000 benih semangka.

Kami Targetkan 40 ton ,namun karena satu Minggu terakhir ini cuaca terlalu panas,kami banyak mengalami buah rusak.karena kekurangan air.
Jadi diperkiran dalam 1 Minggu terakhir ini ada sekitar 10 ton buah yang rusak,jadi diperkiran hanya yang bisa panen itu sekitar 30 ton.terang putra yang akrab di sapa Aan itu.

Thanks for reading Asisten III Kuansing Agus Mandar" Hadiri Panen Raya tanaman Holtikultura didesa seberang Teratak. | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Asisten III Kuansing Agus Mandar" Hadiri Panen Raya tanaman Holtikultura didesa seberang Teratak.