Walikota Lantik MUI Se Kota Pekanbaru, Kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa bekerja sama dan sama-sama bekerja, Ungkap Ketua MUI Kecamatan Rumbai Timur

forumriau.com 11.1.22
forumriau.com
Selasa, 11 Januari 2022


FORUMRIAU.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam membangun ketenteraman di tengah masyarakat yang pluralisme.

Permintaan itu disampaikan Walikota DR. H. Firdaus ST MT usai melantik sejumlah pengurus MUI tingkat kecamatan se Kota Pekanbaru. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Aula Perkantoran Walikota Tenayan Raya, Selasa (11/1/2022).

Walikota Pekanbaru berharap MUI setiap kecamatan, dapat memberi fatwa yang bernuansa nyaman sehingga tercipta situasi yang kondusif di tengah - tengah masyarakat.

"Selamat kepada MUI yang baru kami lantik. Semoga dapat memberi motivasi dan menumbuhkan gairah masyarakat dengan fatwa yang bernuansa nyaman dan kondusif," tuturnya.

Menurut Firdaus, MUI mesti dapat mengambil peran yang baik di tengah masyarakat yang plural, yakni terdiri dari beragam Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

MUI juga dituntut dapat masuk ke lingkungan masyarakat yang beragam tersebut.

"Kita terdiri dari masyarakat yang beragam. Artinya, selain diharapkan dapat bersinergi sama pemerintah, MUI harus pandai menempatkan diri," ujar Walikota.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum MUI Kota Pekanbaru Prof. DR. H. Akbarizan, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru yang telah resmi melantik pengurus MUI Kecamatan.

Lanjut Ketua MUI, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh camat se-Kota Pekanbaru yang telah membantu proses dan memfasilitasi tempat musyawarah kecamatan di Kecamatan masing-masing.

Lanjut Akbarizan, bahwa MUI ini sangat penting, karena walikota mempunyai program yang luar biasa untuk menjadikan kota Pekanbaru ini menjadi smart city madani diantaranya mendirikan masjid paripurna.

Dan juga selamat kepada seluruh kepengurusan MUI Kecamatan se-Kota Pekanbaru yang baru dilantik.

"Saya berharap juga MUI kecamatan se-kota pekanbaru ini bergandengan tangan dengan masjid paripurna di kecamatan, camat, pak KUA, ". ujar Akbarizan. 

Ketua terpilih Salahuddin Al-Ayyubi kepada awak media, mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru yang telah resmi melantik Kepengurusan MUI Kecamatan Rumbai Timur. Majelis Ulama Kecamatan Rumbai Timur bukan milik ketua, bukan milik sekretaris, bukan milik bendahara, melainkan milik kita bersama. Kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa bekerja sama dan sama-sama bekerja.

Lanjut Salahuddin, S.Sos., kami berharap nanti tentu setelah pelantikan ini kami jalankan dulu rapat program kerja dan membicarakan tupoksi masing-masing bidang. Karena dibutuhkan oleh jama'ah dan masyarakat dan juga kecamatan, kami mulai nanti sebagai program kerja pertama sekali tentu sekretariat dengan cara berkomunikasi dengan camat dan semoga camat bisa bermitra dengan MUI kecamatan untuk membuat kantor atau numpang sementara di dalam kecamatan tersebut.

"Kami mengajak kita semuanya terutama Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Stabat mari bersama-sama, bahu membahu demi terwujudnya kedepan agama Islam yang semakin baik," pungkas Salahuddin.

Kemudian sebagai kami dibutuhkan oleh masyarakat karena situasi dan kondisi hari ini banyak mungkin barangkali permasalahan tentang keagamaan, kami akan berperan penting ditengah-tengah masyarakat untuk mengadu tentang masalah keagamaan.

Terakhir kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua MUI Kota Pekanbaru Prof DR. Akbarizan, M.Pd yang telah membina MUI Kecamatan Rumbai Timur dan kami siap akan membantu program-program MUI Kota Pekanbaru dan juga visi misi walikota pekanbaru mewujudkan Smart City Yang Madani, pungkasnya.

Turut hadir dalam pelantikan, Kakanwil Kemenag Riau yang diwakili  oleh Dr. H. Edwar S. Umar, M.Ag dilantik sebagai Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pekanbaru El Syabrina, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Indra Pomi Nasution, Kepala Dinas Pendidikan Ismardi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Zulfahmi Adrian, Kepala Dinas Sosial Idrus, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Muhammad Amin, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sarbaini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Alek Kurniawan, Kepala Bagian Hukum Edi Susanto, Camat se-Kota Pekanbaru serta undangan lainnya. 

Thanks for reading Walikota Lantik MUI Se Kota Pekanbaru, Kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa bekerja sama dan sama-sama bekerja, Ungkap Ketua MUI Kecamatan Rumbai Timur | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments