Pererat Silaturahim, Kapolda Riau Berkunjung ke LAMR

forumriau.com 8.1.22
forumriau.com
Sabtu, 08 Januari 2022



Pererat Silaturahim, Kapolda Riau Berkunjung ke LAMR 

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU: Kapolda Riau Irjen Pol. M. Iqbal melakukan kunjungan silaturahmi ke Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Jumat (7/1/2022). Kedatangan Kapolda Riau disambut hangat para pengurus LAMR yang sebagian besar telah mengenal orang nomor satu di Polda Riau ini karena sebelumnya Iqbal pernah bertugas di Provinsi Riau.

Kunjungan Kapolda Riau Irjen Pol. M. Iqbal ke LAMR didampingi Karo SDM Polda Riau Kombes Pol. Joko Setiono, Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, Direktur Intelkam Polda Riau Kombes Pol Aris Prasetyo ini diterima langsung Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk Seri H. R. Marjohan Yusuf dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar di Balai Adat Melayu Riau.

Turut menerima kunjungan Kapolda Riau Irjen Pol. M. Iqbal ke LAMR Ketua Umum DPH LAMR Kepulauan Meranti yang juga Direktur Badan Usaha Milik Adat (BUMA) LAMR Datuk Seri Muzamil Baharuddin, Ketua Umum DPH LAMR Pekanbaru Datuk Seri Rizaldi, dan tokoh masyarakat Riau yang juga mantan Wakapolda Riau Datuk Kombes Pol Purn. Fakhruddin Bakar.

Juga terlihat hadir Sekretaris Umum MKA LAMR Datuk H. Taufik Ikram Jamil, Timbalan Ketua Umum DPH LAMR Datuk M. Nasir Penyalai, Sekretaris Umum DPH Datuk Yusman Hakim, anggota MKA Datuk Tarlaili, Bendahara Umum LAMR Datuk Isharuddin, Ketua DPH LAMR Datuk H. Khairul Zainal, Datuk Hermansyah, Ketua Umum DPH LAMR Kepulauan Meranti, Datuk Jonnaidi Dasa, Sekretaris DPH Datuk Anton Suryaatmaja, Datuk Alwamen, dan lain-lain.

Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar pada kesempatan tersebut memperkenalkan pengurus LAMR hadirin yang hadir dan memaparkan sejarah singkat berdirinya LAMR pada 6 Juni 1970 pada masa Gubernur Arifin Ahmad yang antara lain bertujuan untuk menggali, menjaga dan melestarikan adat dan budaya Melayu Riau serta memperjuangkan hak-hak masyarakat adat Melayu Riau.

Datuk Seri Syahril juga menyampaikan bahwa LAMR telah memberikan Penghargaan Ingatan Budi kepada Kapolda Riau sebelumnya Irjen Pol. Agung Setya Imam Efendi gelar Datuk Bandaro Alam yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat adat Melayu Riau.

Menurut Datuk Seri Syahril, LAMR mendukung penuh kepemimpinan Irjen Pol M. Iqbal dan berharap pengganti Irjen Pol. Agung Setya Imam Efendi ini dapat melanjutkan kepemimpinan yang humanis dalam melaksanakan tugas-tugasnya di Polda Riau.

Datuk Seri Syahril mengatakan dengan kembalinya Irjen Pol M. Iqbal ke tanah Melayu Bumi Lancang Kuning ini, LAMR dan seluruh elemen masyarakat adat, paguyuban beserta seluruh masyarakat Riau mendukung penuh kepemimpinan beliau selama menjabat Kapolda Riau. LAMR berharap di tangan Kapolda Riau Irjen Pol. M. Iqbal nanti kamtibmas semakin baik.

"Hal yang paling esensial yang kami harapkan dari bapak Kapolda baru adalah dapat melanjutkan kepemimpinan yang humanis. Pejabat sebelumnya sudah menjalankan itu. apalagi beliau bukan orang asing lagi, tentunya pendekatannya lebih humanis kepada kebudayaan," kata Datuk Seri Syahril kepada wartawan yang mewancarainya usai pertemuan.

Kapolda Iqbal yang mengawali sambutannya pada pertemuannya dengan pengurus LAMR menyampaikan dua buah pantun berkisah mengenai perjalanan karir sampai ditugaskan kembali di Provinsi Riau.

Menurut Iqbal, dirinya datang bersilaturahim ke LAMR dan bagi dirinya sudah tak asing lagi karena wajah-wajah yang saya temui adalah para sahabat dan seniornya.

"Alhamdulillah, setelah saya diberikan Amanah menjadi Kapolda Riau, sekaligus saya bersilaturahim sebagai orang baru. Saya butuh support dan dukungan doa sehingga insya Allah perjalanan pengabdian saya sebagai Kapolda dapat dipermudah dan menjadi berkah bagi masyarakat, " ungkap Iqbal.

Iqbal menyampaikan bahwa Polda Riau dan segenap Jajarannya siap bekerja sama dengan LAMR untuk menuntaskan semua dinamika-dinamika yang ada dan tentunya kami mengedepankan tabayun dan menjalin komunikasi yang baik, sebab itu merupakan ciri-ciri orang Melayu.
Ketua Umum MKA LAMR Datuk Seri H. R. Marjohan Yusuf menyambut baik kunjungan silaturahmi Kapolda Riau Irjen Pol. M. Iqbal ke LAMR. 

"Kehadiran Pak Kapolda kami terima dengan dada yang lapang dan hati yang jernih. Kecik tapak tangan nyiru kami tadahkan. Ketuku batang ketakal, keduanya keladi muyang. Sesuku kita seasal, senenek serta semoyang," kata Datuk Seri Marjohan mengutip pantun yang menggambarkan persaudaraan dan silaturahim.

Datuk Seri Marjohan mengatakan merasa berbahagia karena Irjen Pol. M. Iqbal bukanlah asing bagi masyarakat Riau mengingat pria lulusan Akpol tahun 1991 ini pernah bertugas di Riau.
Iqbal sendiri pernah menjadi Kasat Lantas Polres Kota Baru pada 1994, Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru pada 2000, dan Wakapolresta Dumai pada 2003. (za)

Thanks for reading Pererat Silaturahim, Kapolda Riau Berkunjung ke LAMR | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Pererat Silaturahim, Kapolda Riau Berkunjung ke LAMR