Masyarakat Desa Kabako Terima BLT DD Tahap Pertama 2021 | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Masyarakat Desa Kabako Terima BLT DD Tahap Pertama 2021

Masyarakat Desa Kabako Terima BLT DD Tahap Pertama 2021



FORUMRIAU - KUANSING, - Masyarakat Desa Kampung baru koto (Kabako) Kecamatan Inuman kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau yang terdampak Pandemi Covid-19 kembali menerima Batuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap pertama untuk anggaran Bulan Januari  tahun 2021.

Kepala Desa Kampung baru koto Khairul mengungkapkan, untuk penerima BLT DD tahun ini total penerima sebanyak 47 orang yang dilakukan secara bertahap masing-masing menerima Rp300 ribu per bulan selama 4 bulan.

Kemudian untuk penyaluran bulan Februari,Maret dan April ini akan di salurkan nanti nya apabila kami sudah menyelesaikan SPJ penyaluran tahap pertama ini.

"Dengan bantuan BLT DD ini setidaknya di masa Pandemi COVID-19 kebutuhan masyarakat sedikit teratasi," ungkap Khairul, di Kantor Desa setempat, Rabu,21/04/2021

Dijelaskan, bantuan lainnya terkait program BLT dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebelumnya penerima di desanya berjumlah 163 orang, namun tahun ini ada pengurangan sekitar 73 orang sehingga hanya 90 penerima.

Maka pihak nya akan berupaya untuk mengcover masyrakat yang keluar dari KPM Kemensos pusat,tentu nya hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan ini semua tentu akan kita tinjau dulu dengan kemampuan uang desa,dan apabila sudah ada nanti nya kesepakatan antara pemerintah desa dengan Badan permusyawaratan Desa ( BPD) dalam rapat internal nantinya.

"Memang tidak semua nya akan tercover karena menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada, tapi setidaknya para penerima BLT ini bisa terbantu, apalagi sebentar lagi akan menghadapi lebaran," tambahnya. 

Sesuai data yang dirangkum oleh media ini dari 14 desa yang ada dikecamatan inuman desa kampung baru koto ini merupakan desa kedua penyaluran BLT DD tahap pertama tahun 2021,sedangkan desa pulau busuk Jaya merupakan desa yang pertama penyaluran BLT DD dikecamatan inuman.

Turut hadir dalam penyaluran BLT DD desa kampung baru koto tersebut Kades Kampung baru Koto tersebut Camat Inuman Arifin,SE,Bhabinkamtibmas Bripka Jasra Babinsa Serda Samirin,Kepala Desa Kampung baru koto Khairul ,perangkat desa serta Ketua BPD Sulastri dan anggota.

Camat Inuman Arifin SE,dalam arahan nya menyampaikan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa kampung baru koto dan BPD sehingga proses untuk penyaluran BLT DD tahap pertama tahun 2021  ini berjalan dengan lancar. 

Disampaikan camat dihadapan penerima untuk penyaluran BLT DD tahun 2021 ini berbeda dengan tahun 2020. Pada tahun 2020 pemerintah desa bisa menyalurkan untuk 2 atau sampai 4 bulan sekaligus,untuk 2021 ini tidak bisa lagi. Pemdes hanya bisa menyalurkan BLT DD ini hanya satu bulan.kemudian baru di laporkan kembali ke kabupaten terkait realisasinya tahap demi tahap.

Kemudian Arifin juga tak bosan bosan nya mengajak masyrakat tetap mematuhi prokes covid 19 dengan Mencuci tangan ,menjaga jarak,memakai masker.(Laode)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :